Membuat foto bunga langkah awal yang bagus untuk belajar fotografi 2

Alasan Mengapa Membuat Foto Bunga Merupakan Langkah Awal Yang Baik Untuk Belajar Fotografi

126 views

Memang, membuat foto bunga kemungkinan besar tidak akan membuat seseorang terkenal. Jarang sekali ada fotografer yang bisa melambungkan namanya dengan memotret bunga. Memotret bunga sering dianggap sebagai kegiatan yang dilakukan oleh anak bawang, alias pemula.

Tidak ada tantangan alasan yang sering dikemukakan dan jarang ada yang akan berdecak kagum, atau memberi LIKE, kecuali orang awam dibandingkan membuat foto model cantik atau pemandangan.

Oleh karena itu, tidak jarang mereka yang baru memiliki kamera dan ingin terjun ke dunia fotografi pun seperti tidak tertarik lagi untuk mencoba membuat foto bunga.

Padahal, kalau dipikir ulang, bunga sebenarnya adalah obyek yang ideal, terutama bagi para pemula yang ingin belajar cara memotret. Ada banyak hal dalam obyek yang satu ini yang bisa membantu pemula melatih kemampuan menggunakan kameranya.

Alasannya :

Statis

Tidak ada bunga yang dinamis dan bergerak.

Ke-statis-an itu mempermudah mereka yang belum tahu berbagai teknik fotografi dan belum mahir mengoperasikan kamera untuk bisa mulai mencoba.

Obyek yang statis membuat fotografer memiliki waktu untuk berpikir yang lebih lama. Bandingkan dengan saat memotret benda yang bergerak, seperti binatang atau kendaraan, yang sering menyediakan hanya sepersekian detik untuk berpikir.

Tidak bergeraknya bunga akan membuat pemula bisa berpikir lebih lama, baik untuk mengatur setting dan berpikir untuk mengembangkan ide tentang seperti apa foto yang ingind ditampilkan.

Membuat foto bunga langkah awal yang bagus untuk belajar fotografi 3

Kecil

Jarang bunga yang besar, kecuali bunga Bangkai dan Rafflesia Arnoldi.

Hal ini tentunya mempermudah pemula belajar meletakkan obyek mereka di dalam foto. Salah satunya belajar untuk mencoba menerapkan Rule of Thirds.

Membuat foto bunga, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh sambil mencoba menerapkan teknik komposisi dasar fotografi, akan membuat seorang fotografer pemula perlahan mengerti dan memahami cara menerapkannya dalam foto.

Belajar Komposisi Warna

Sebuah bunga pasti memiliki warna-warna yang menarik. Itu kodratnya untuk menarik serangga,

Hal ini bisa dipergunakan seorang pemula untuk mencoba melakukan komposisi warna yang menarik bagi sebuah foto. Apakah warna pink sesuai latar belakang rumput yang hijau? Apakah warna ungu sesuai dengan latar belakang langit yang biru?

Dengan begitu seorang pemula bisa menemukan komposisi warna ideal yang menurutnya menarik.

Belajar Sudut Pemotretan

Disebut mudah, ya mudah, disebut sulit, ya sulit. Banyak orang berpikir gampang membuat foto bunga, tetapi sebenarnya tidak sedemikian mudah.

Salah satu hal yang sering menentukan hasil foto bunga adalah dari sudut mana foto itu diambil. Tidak semua bunga bagus jika dipotret dari atas, terkadang menggunakan sudut “mata kodok” hasilnya lebih baik.

Sifatnya yang statis, kecil, tentunya akan mempermudah seorang pemula mencoba berbagai sudut pengambilan foto/gambar yang menurutnya terbaik. Perlahan tapi pasti jika hal ini dilakukan terus menerus akan membuatnya terbiasa untuk tidak memotret dari satu sisi saja.

Membuat foto bunga langkah awal yang bagus untuk belajar fotografi

Belajar Mengembangkan Ide

Bunga itu umum. Ada dimana saja. Jutaan foto bunga juga sudah dibuat oleh jutaan manusia. Tidak ada yang aneh.

Hal itulah yang membuat orang memandang remeh memotret bunga. Tidak ada tantangan dan jarang menghasilkan foto yang mengundang kekaguman.

Tetapi, bukan kah disitu tantangan seorang fotografer? Sebuah foto menjadi menarik bukan karena obyeknya, tetapi karena sang fotografer berhasil mengembangkan ide yang berbeda dan tidak umum sehingga bisa mengundang LIKE.

Bunga bisa mengajarkan pemula bagaimana mengembangkan ide terhadap obyek.

Belajar Mengenal Kameranya

Ini yang pasti.

Pemula biasanya masih butuh waktu untuk mengenal kekurangan dan kelebihan kamera yang dibelinya. Hal itu sulit ditemukan dalam keadaan terburu-buru dan tidak pernah mencoba menggunakannya.

Memotret hal sederhana seperti ini akan memberikan ruang untuk melakukan berbagai eksperimen untuk lebih mengenal berbagai fitur yang ada di kameranya. Sifat yang statis menyediakan waktu yang banyak untuk tidak terburu-buru menentukan setting kamera yang cocok.

(Simak juga : Memotret Bunga : Tidak Semudah Yang Dibayangkan)

Memang tidak keren bagi kebanyakan orang, tetapi melihat sifatnya sebagai obyek, justru bunga seharusnya menjadi obyek pertama mereka yang ingin belajar dunia fotografi. Bunga memiliki banyak hal yang bisa mendukung seseorang belajar fotografi jika dimanfaatkan dan tidak dianggap remeh.

Saya, memang masih “pemula” juga, hingga sekarang masih gemar membuat foto bunga. Bagaimanapun bunga itu cantik dan enak dilihat. Biarlah orang mengatakan itu hal yang basi. Selama itu menyenangkan, ya saya lakukan. Lagipula, terkadang seseorang perlu diingatkan kembali akan berbagai teknik dasar fotografi, dan dengan memotret bunga, saya bisa belajar kembali mengingat-ingat atau membiasakan diri supaya skill semakin terasah dan tidak terbuang.

Gallery for Alasan Mengapa Membuat Foto Bunga Merupakan Langkah Awal Yang Baik Untuk Belajar Fotografi

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya