Antisipasi Pergerakan Obyek Bisa Menghasilkan Foto Yang Menarik

Antisipasi Pergerakan Obyek

Bagaimana Anda bisa membuat sebuah foto seorang tukang becak yang sedang minum di jalanan? Padahal, tentu saja Anda tidak bisa mendatanginya dan kemudian memintanya untuk berakting sedang minum.

Bisa dipelototi kita. Masih untung kalau tidak dimaki-maki.

Jawabannya adalah antisipasi, ya antisipasi pergerakan obyek yang akan dijadikan sasaran kamera kita.

Semua kegiatan manusia akan merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan. Minum, sebagai contoh, berarti orangnya harus mengeluarkan tempat air minum, membuka tutupnya, dan kemudian menenggak/menuangkan air ke mulutnya.

Sejak awal, hal itu sebenarnya bisa diperkirakan atau bisa diprediksi. Seorang yang mengeluarkan gelas air mineral, tentunya wajar kalau diprediksi akan segera melakukan kegiatan “minum”.

Jadi, kalau memang hendak membuat foto dengan tema “minum” yang natural, seorang fotografer hanya tinggal menunggu sang obyek menuangkan air ke dalam mulutnya saja.

Kemampuan mengantisipasi pergerakan obyek seperti ini sangat membantu seorang fotografer jalanan dalam hal waktu dan menyiapkan diri. Dengan sudah memperkirakan gerakan obyek berikutnya, ia bisa mulai mengatur setting kamera, penempatan obyek, dan juga bagaimana obyek tersebut harus ditampilkan dalam foto.

Dengan begitu, ia tidak perlu terlalu terburu-buru dan bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik.

Foto “Tukang Becak Minum” ini dibuat dengan cara mengantisipasi pergerakannya. Saya mengikuti gerakannya, mulai dari mengeluarkan botol minuman dari bawah jok penumpang, hingga akhirnya ia menuangkan air ke dalam mulutnya.

Yang pasti saya tidak memintanya berlagak minum.

Tolong Bantu Dishare Siapa Tahu Ada Yang Membutuhkan

admin

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya