Apa Guna Fitur SCN Pada Kamera DSLR ?

apa guna fitur SCN pada kamera DSLR

Fitur SCN adalah salah satu fitur yang biasa terdapar pada kamera DSRL “Pemula” atau “Entry Level”. Jika fitur ini diaktifkan, berarti hal itu “memerintahkan” kamera untuk masuk ke dalam “Special Scene Mode” atau Mode Situasi / Suasana Khusus.

Keberadaan fitur SCN pada kamera DSLR ditujukan untuk membantu para pengguna pemula yang masih bingung untuk mengatur dan menemukan setelan setting kamera yang cocok untuk situasi dan kondisi tertentu. Dengan, menggunakan mode SCN, pemotret tidak perlu lagi memikirkan apa-apa karena kamera akan secara otomatis memilih mode yang sudah dipilih sejak awal.

Mode SCN akan memiliki beberapa pre-set (setting yang sudah disiapkan) yang siap pakai. Pemotret hanya perlu memilih salah satu dari yang tersedia dalam inventory kamera.

Jumlah pre-set yang ada pada kamera akan tergantung pada jenisnya dan untuk ini, harap dibaca kembali buku manual kamera. Canon Rebel; T51 atau EOS 700D hanya memiliki 3 pre-set, yaitu :

  1. Shooting Night Portrait untuk membuat potret di malam hari (menggunakan tripod)
  2. Shooting Night Scene Handheld untuk memotret pemandangan di malam hari
  3. Shooting Backlit Scenes untuk memanfaatkan fitur HDR

Penggunaannya sebenarnya bukan hanya bermanfaat bagi pemula, tetapi juga bagi footgrafer lainnya yang sedang malas untuk berpikir menemukan setting yang cocok atau fotografer jalanan yang tidak memiliki banyak waktu untuk berpikir. Dengan mengaktifkannya dan kemudian memilih salah satu yang sesuai dengan kondisi saat itu, maka kamera siap untuk dipakai.

Fitur SCN bisa ditemukan pada semua merkkamera digitol (bukan hanya CANON saj), tetapi namanya mungkin akan bervariasi. Nama umumnya dikenal dengan SCENE MODE.

Cara mengaktifkan SCN Mode (Canon 700D)

Cara mengaktifkan SCN Mode pada Kamera Canon DSLR

Perhatikan roda putar di bagian atas kamera yang bertuliskan AV, TV, M dan sebagainya

Putar hingga penunjuk mengarah pada tulisan SCN

cara mengaktifkan fitur SCN pada kamera DSLR Canon 700DKemudian lihat tombol bertuliskan huruf  “Q” dalam kotak di dekat layar LCD, atau kalau Anda sedang dalam Live View Setting Mode, cari huruf “Q” tersebut

Tekan hingga keluar menu pada layar monitor.

Lalu kemudian pilih jenis preset yang akan digunakan. Tekan Set dan salah satu SCN Mode sudah siap digunakan.

Tolong Bantu Dishare Siapa Tahu Ada Yang Membutuhkan

admin

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya