apa yang bisa software gratisan lakukan pada sebuah foto dengan format raw

Apa Yang Bisa Software Gratisan (Picasa 3) Lakukan Pada Foto RAW?

45 views

Adobe Lightroom adalah jenis software pengedit foto yang paling populer di dunia. Kata dunia menunjukkan termasuk Indonesia. Apalagi bagi mereka yang gemar  memotret dengan format RAW. Ketersediaannya bisa dikata wajib dan menjadi senjata andalan bagi para fotografer tersebut untuk merubah foto menjadi sebuah karya seni yang memukau.

Sayangnya, software tersebut bukanlah sebuah software gratis, alias harus dibeli. Harganya pun termasuk mahal mencapai hampir 150 dollar (alias 2 juta rupiah) untuk versi standalone (berdiri sendiri).

Untuk fotografer pro yang hidup dan mencari nafkah dari memotret, tentunya software ini adalah sebuah kebutuhan. Jadi, mau tidak mau banyak yang rela mengeluarkan uang untuk mendapatkannya. Tetapi, tidak semuanya rela mengeluarkan uang sebanyak itu untuk hanya bisa memilikinya terpasang di komputer. Apalagi software itu terus dikembangkan dan untuk mengupdatenya pun harus mengeluarkan uang.

Bagaimana pemecahannya, jika Anda gemar memotret dengan RAW tetapi tidak memiliki dana cukup atau tidak mau mengeluarkan uang hanya sekedar memuaskan hobi mengedit foto saja? Memakai Lightroom non resmi? Janganlah. Banyak birus yang sering mengiringi software non resmi seperti ini dan juga hal itu melanggar UU HAKI.

Cobalah pergunakan software yang benar-benar gratis dan bebas lisensi. Banyak tersedia di internet dimana Anda bisa mengunduhnya dan kemudian mempergunakannya untuk apapun, tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun dan tidak melanggar hukum tentunya.

Picasa 3 adalah salah satunya. Software pengedit foto ini adalah produk Google, tetapi pengembangannya dihentikan (entah karena alasan apa) dan tidak lagi diteruskan. Meskipun demikian, banyak situs yang tetap menyediakan software ini untuk didownload dan dipergunakan. Gratis dan bersih dari malware, adware, dan semacamnya.

Bagaimana dengan hasilnya?Coba lihat foto di paling atas, ini merupakan hasil Canon 700D dengan lensa 55-250 MM dalam format RAW. Kurang menarik kan.

Nah, foto di bawah ini adalah hasil dari penggunaan Picasa 3 dalam mengeditnya.

Tidak mengecewakan bukan?

Lighroom memang memberikan super lengkap fitur untuk pengeditan foto atau image apalagi yang berformat RAW dan banyak contoh hasil menakjubkan yang dihasilkannya. Tetapi, sebenarnya banyak juga foto menakjubkan yang dihasilkan oleh software lainnya.

Percayalah. Bukan peralatan yang membuat sebuah foto menjadi indah dan menakjubkan, tetapi diri Andalah yang membuatnya. Skill, kreatifitas, dan kemauan untuk terus berkarya adalah kunci, dan bukan alatnya. Software gratisan seperti Picasa 3 pun bisa memproduksi foto yang indah dan enak dilihat, dengan syarat Anda tahu menggunakannya.

Gallery for Apa Yang Bisa Software Gratisan (Picasa 3) Lakukan Pada Foto RAW?

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya