arti kode L pada lensa Canon DSLR

Arti Kode L Pada Lensa Canon DSLR

105 views

Arti kode L pada lensa Canon DSLR adalah “Luxury” alias “Mewah”. Kode ini menunjukkan bahwa lensa tersebut adalah lensa kelas premium dalam banyak arti. Jajaran lensa ini kerap disebut dengan seri L.

Kode L ini menunjukkan :

  1. Kemampuan yang lebih baik dari lensa non-L karena menggunakan optik yang lebih bagus
  2. Memiliki daya tahan yang lebih tinggi karena menggunakan bahan yang lebih baik dibandingkan lensa biasa. Beberapa lensa dalam jajaran seri L ini bahkan memiliki kemampuan tahan air
  3. Yang pasti lebih mahal. Dengan semua kelebihan yang ditawarkan, harganya pun jauh lebih tinggi dibandingkan lensa non L

Lensa seri L ini memang ditargetkan untuk kalangan profesional yang memiliki dana “tidak terbatas” dan lebih mementingkan hasil. Oleh karena itu pula, Lensa berkode L ini sebenarnya lebih diutamakan untuk pengguna kamera DSLR Full Frame yang biasanya memiliki kode EF.

Meskipun demikian, karena berkode EF, lensa kelas premium ini juga bisa dipergunakan untuk kamera DSLR dari Canon dengan mounting (dudukan) EF-S yang memiliki cropped-censor.

Banyak kamera seri L dan memiliki focal length yang sama dengan yang banyak dipakai kalangan umum, seperti 50-200 mm, 70-200 mm, dan sebagainya. Yang membedakan adalah kualitasnya.

Beberapa ciri dari lensa seri L, walau tidak semuanya adalah memiliki

a) bodi berwarna putih, ditujukan untuk meredam panas yang bisa mempengaruhi kinerja lensa

b) memiliki ring berwarna merah di bagian ujung lensa

Tidak semuanya, tetapi kebanyakan. Tetap ada lensa seri L yang berwarna hitam.

Itulah arti kode L pada lensa Canon DSLR. Jadi, jangan heran kalau ada lensa ber-focal length sama tetapi harganya berbeda jauh. Siapa tahu ada kode L di belakangnya.

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya