Arti Kode RGB Dalam Fotografi Digital

arti kode RGB dalam fotografi digital 3

Arti Kode RGB dalam fotografi sebenarnya sederhana. Istilah ini merupakan singkatan dari tiga nama warna dalam bahasa Inggris, yaitu Red, Green, Blue – Merah, Hijau, Biru. Itu saja.

Prinsipnya, adalah warna-warna yang terlihat di berbagai perangkat elektronik/digital, termasuk diantaranya kamera digital terbentuk dari tiga warna dasar ini. Percampuran dari ketiga sinar ini akan menghasilkan ribuan bahkan jutaan varian warna.

Sebuah contoh bisa dilihat dari foto di Wikimedia Commons seperti di bawah :

arti kode RGB dalam fotografi digital 4
Foto : Wikimedia Commons

Konsep RGB ini sebenarnya bukan monopoli dunia fotografi saja. Banyak bidang lain terutama yang berkaitan dengan produk digital/elektronik, seperti televisi menggunakan konsep yang sama.

Dalam fotografi, mengenal apa itu kode RGB akan sangat membantu dalam membaca histogram dan melakukan editing pada foto.

Hampir setiap perangkat lunak untuk mengedit foto akan diperlengkapi dengan Tool Levels yang akan memerlukan pemahaman tentang RGB ini. Contohnya ada di Adobe Photoshop atau GIMP.

Arti Kode RGB Dalam Fotografi Digital
RGB – TOOL LEVELS DI GIMP
Arti Kode RGB Dalam Fotografi Digital
RGB – TOOL LEVEL PADA PHOTOSHOP

Jadi, jangan bingung lagi kalau menemukan kode RGB. Ingat saja warna Red (Merah), Green (Hijau), dan Blue (Biru).

admin

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya