Cara Membuat Foto Hitam Putih Dengan GIMP

Tanpa warna memang dan kesannya kuno, tetapi justru itulah yang membuat foto hitam putih menjadi tidak ada matinya. Nuansa romantis masa lalu seperti menjadi roh yang hidup kembali di masa sekarang. Itulah mengapa belakangan ini banyak sekali orang yang gemar membuat foto hitam putih.

Cara membuatnya pun mudah karena banyak sekali kamera yang sudah menyediakan efek untuk membuat foto “B&W (Black & White)”. Tidak sedikit juga software yang bisa dipergunakan untuk mengubah foto berwarna menjadi dua warna saja, hitam dan putih.

Salah satunya adalah GIMP – GNU Image Manipulation Program, yang merupakan software gratisan dan bisa diunduh secara bebas untuk keperluan pengeditan foto.

Untuk membuat foto hitam putih dengan GIMP, silakan ikuti langkah-langkah berikut, hanya pastikan dulu GIMP sudah terinstall di komputer Anda.

1. >> Buka GIMP

2. >> Menu File “OPEN” dan kemudian pilih file yang hendak di edit sehingga tampilannya seperti di bawah ini

Cara membuat foto hitam putih dengan GIMP A

3) >> Pilih menu “COLORS”

4) >> Pilih menu “DESATURATE” (Menu ini akan menghilangkan warna lain dan hanya menyisakan hitam dan putih saja)

Cara membuat foto hitam putih dengan GIMP A

5) >> Akan keluar dialog box berisi pilihan tampilan hitam putih yang berbeda, Lightness, Luminocity, Average. Silakan pilih sesuai selera dan otomatis layar akan menampilkan hasil foto sesuai dengan jenis “desaturation” yang dipilih

Cara membuat foto hitam putih dengan GIMP C

Pada dasarnya proses membuat foto hitam putih dengan GIMP sudah selesai sampai disini.

Hasilnya seperti di bawah ini.

Cara membuat foto hitam putih dengan GIMP D

(Baca juga : Membuat Efek Selective Color Dengan GIMP)

Langkah selanjutnya hanyalah menyimpan saja. Pergunakan “Export As” untuk menyimpan dalam bentuk file umum, seperti JPG atau PNG. Tetapi kalau mau menyimpan dalam format file yang “hanya” didukung GIMP, silakan pakai “SAVE AS”.

Semoga bermanfaat.

Tolong Bantu Dishare Siapa Tahu Ada Yang Membutuhkan

admin

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya