hasil foto karya ansel adams initerjual seharga hampir 10 milyar CLEARING WINTER STORM, YOSEMITE NATIONAL PARK 2
CLEARING WINTER STORM, YOSEMITE NATIONAL PARK - Karya Ansel Adams © The Ansel Adams Publishing Rights Trust

Foto Karya Ansel Adams Ini Terjual Hampir 10 Milyar

67 views

Terlihat sederhana, tetapi foto di atas terjual di Balai Lelang Sotheby’s seharga US$ 722.000 atau 9.819.200 rupiah kalau memakai kurs pada tanggal tulisan ini dibuat. Foto ini termasuk salah satu foto termahal dalam sejarah fotografi.

Judul foto hitam putih tersebut adalah “CLEARING WINTER STORM, YOSEMITE NATIONAL PARK” (Berlalunya Badai Musim Dingin, Taman Nasional Yosemite Park) salah satu karya dari seorang fotografer terkenal dunia, Ansel Adams (1902-1984).

Foto ini selain menunjukkan keahlian sang fotografer dalam menangkap detail dan penggunaan Depth of Field kecil, juga mencerminkan pola pandang Ansel Adams terhadap lingkungan. Pria yang juga pelopor pembentukan grup f/64, yang berisi sekumpulan fotografer landscape yang suka memakai aperture super kecil, juga merupakan seorang pemerhati lingkungan. Hal itu tercermin dari berbagai karya fotonya yang sering mempergunakan bukaan rana kecil.

Foto di atas diambil dengan menggunakan aperture f/16 dengan shutter speed 1/5 pada musim dingin, bulan Desember tahun 1940. Kamera yang dipergunakan adalah kamera analog yang menggunakan film. (Sumber Cool Antartica)

Foto ini merupakan satu dari beberapa foto yang disumbangkan oleh Ansel Adams kepada PBE, pemilik dari brand Polaroid yang pernah kondang di jagad fotografi. Pada masa jayanya Polaroid kerap memberikan dukungan berupa dana dan peralatan kepada para fotografer dan seniman berbakat dan sebagai gantinya, mereka akan menerima beberapa hasil karya para fotografer tersebut.

Kondisi keuangan yang menyebabkan kebangkrutan Polaroid lah yang kemudian mengharuskannya untuk menjual banyak sekali (lebih dari 1000) koleksi benda seni dan foto yang dikumpulkannya.

Dalam pelelangan yang dilakukan oleh balai lelang terkenal Sotheby’s pada tahun 2010, foto ini diprediksi hanya akan terjual maksimum US$ 500.000 saja, tetapi kenyataannya seorang pembeli tak dikenal memberikan harga yang tidak terkejar oleh peserta lelang lainnya, US$ 722.000 termasuk komisi bagi rumah lelang tersebut. (Sumber : The Telegraph)

Hingga tahun ini, foto karya Ansel Adams ini tetap memegang rekor sebagai satu dari 10 foto termahal yang pernah terjual.

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya