Foto mewakili satu momen di suatu tempat dan di suatu waktu

Foto Mewakili Sebuah Momen Di Suatu Tempat dan Di Suatu Waktu Di Masa Lalu

69 views

Sebuah foto tidak pernah memberi gambaran keseluruhan. Kamera dan foto tidak pernah bisa menghasilkan hal tersebut. Bahkan, pencipta kamera dan foto sekalipun, manusia, tidak akan pernah bisa melakukannya.

Sebuah foto hanyalah mewakili sebuah momen dalam kehidupan, di suatu tempat tertentu, dan di suatu waktu dan dari sudut pandang tertentu pula. Foto tidak pernah dikodratkan untuk bisa mewakili keseluruhan.

Apakah sebuah foto berarti menipu? Tidak sama sekali. Foto itu jujur. Ia tidak menipu. Ia menggambarkan apa yang ingin sang pemegang kamera, si fotografer ingin orang lihat.

Sebuah foto mewakili ide yang ada di kepala sang fotografer tentang sesuatu.  Jangan heran jika apa yang terlihat di foto tidak sama dengan aslinya karena yang terlihat bukanlah aslinya, tetapi gambaran atau image yang ada di pikiran yang memegang kamera.

Jadi, jangan pernah terjebak dengan anggapan bahwa foto bisa mewakili keseluruhan tentang sesuatu. Ia tidak pernah dibuat untuk tujuan itu.

Anggaplah foto sebagai sebuah gambaran dari satu momen (di suatu tempat dan di suatu waktu) saja yang terjadi di masa lalu. Bagaimanapun, foto memang selalu mewakili masa lalu dan bukan masa kini.

Seperti kata Berenice Abbot :

Photography can only represent the present. Once photographed, the subject becomes part of the past

(Fotografi hanya bisa mewakili saat ini. Setelah dipotret, subyeknya akan menjadi bagian dari masa lalu).

Gallery for Foto Mewakili Sebuah Momen Di Suatu Tempat dan Di Suatu Waktu Di Masa Lalu

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya