Fotografer tidak boleh takut kotor

Fotografer Tidak Boleh Takut Kotor

4 views

Fotografer tidak boleh takut kotor! Sudah pasti itu. Jika memang masih takut pakaian belepotan debu, basah, atau lumpur, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk menjadi seorang fotografer. Setidaknya, mungkin jangan menekuni genre fotografi landscape atau fotografi jalanan, pilih saja menjadi fotografer di studio yang lebih rendah kemungkinan terkena kotoran.

Kenyataannya, dua tahun lebih menekuni hobi memotret ini memang menunjukkan hal itu. Jarang sekali bisa pulang tetap dalam keadaan necis dan semerbak minyak wangi. Seringnya kembali ke rumah, paling tidak berbau sinar matahari atau bau keringat.

Padahal genre yang saya sukai adalah fotografi jalanan saja. Tetapi, tetap saja sulit sekali tetap menjaga diri tetap bersih dan wangi.

Alasannya sederhana, karena sudut pemotretan atau sudut pengambilan gambar.

Jarang sekali sebuah foto yang bagus dan enak dipandang bisa diambil dengan sudut pemotretan normal, atau sejajar dengan mata saat berdiri. Biasanya kalau memotret dengan cara begitu, hasilnya pun biasa saja dan tidak bisa terlalu istimewa.

Memang, tetap saja walau sudah berjuang bahkan hingga tengkurap di jalan hasilnya masih biasa-biasa saja, tetapi tetap mayoritas hasil foto yang mengundang perhatian dihasilkan dari angle-angle (sudut) yang tidak biasa.

Masalahnya, angle-angle seperti itu akan membutuhkan perjuangan dan posisi badan yang dekat dengan yang namanya kotoran, setidaknya tanah atau debu. Tidak jarang, sudut pengambilan foto terbaik berada di tempat yang jauh dari kata bersih atau kering.

foto curug cilember bogor

Agak terbantu jika kamera yang ada di tangan memiliki vari-angle, alias layar monitor yang bisa diputar-putar sehingga bisa mengambil foto dari sudut sulit. Tetapi, tetap saja tidak bisa 100% bebas dari terkena kotoran.

Itulah mengapa jika memang ingin menjadi seorang fotografer, mau pro atau amatir, atau sekedar penggemar fotografi, buang jauh-jauh keinginan tampil necis. Lebih baik bersiap menjadi petualang yang siap menghadapi situasi dan kondisi apapun.

Sudah pasti saat hunting foto akan ditemukan situasi dimana pakaian rapih dan wangi sama sekali tidak berguna. Tidak membantu menghasilkan foto yang baik dan menarik.

Coba saja menghasilkan foto-foto seperti ini. Bisakah dilakukan dengan posisi standar?

Paling tidak, satu lutut yang memotret harus menyentuh tanah dan paling enak adalah sambil tengkurap di tanah.

Jadi, jangan pernah takut kotor, itu jika Anda ingin menekuni dunia fotografi. Bersiaplah untuk kotor, basah, bau, dan hal-hal yang tidak enak lainnya. Tetapi, percayalah, semua akan terbayar ketika hasilnya mengundang decak kagum atau “uuhh”, “woww”, semua itu akan terlupakan dan bahkan menjadi kenangan yang manis atau cerita yang akan memikat orang yang mendengarnya.

Gallery for Fotografer Tidak Boleh Takut Kotor