bangkan ide dan kreatifitas

Fotografi Adalah Tentang Mengembangkan Ide dan Kreatifitas

12 views

Fotografi bukanlah sekedar tentang kamera, itu slogan yang terpasang di blog LB Fotografi ini. Bukan asal-asalan kalimat itu dipasang, tetapi karena yang punya blog memang mempercayai bahwa fotografi lebih dari sekedar kamera. Bagi saya, fotografi adalah tentang mengembangkan ide dan kreatifitas.

Cobalah perhatikan beberapa foto di dalam artikel ini. Yang pertama tentunya bisa dilihat di bagian atas dan selanjutnya ada beberapa di bawah, tentunya Anda akan menemukan jawaban atas apa yang dimaksud.

fotografi adalah tentang mengembangkan ide dan kreatifitas 4

Inti dari foto ini sama, yaitu sebuah patung Peniup Seruling yang ada di halaman belakang Istana Bogor. Itu saja.

Hanya satu saja.

Tetapi, dalam artikel ini bisa menjadi empat buah foto yang masing-masing memberikan nuansa berbeda. Betul kan? Sebenarnya bahkan, kalau semua ditampilkan, maka akan ada belasan foto yang berbeda satu dengan yang lain. Tidak sama.

Patung peniup seruling di Istana Bogor

Apakah karena kameranya? Pastilah bukan. Kameranya sama, yaitu Canon 700D saja. Lensa yang dipergunakan adalah 55-250 mm untuk kesemua foto.

Karena obyeknya? Sudah jelas obyeknya ya itu itu saja dan lokasinya juga sama karena patung tidak bisa bergerak.

Mungkin Anda akan tersenyum dan menertawakan, karena jawabnya sudah pasti orang di belakang kameranya. Kamera tidak bisa beroperasi sendiri dan obyeknya juga tidak bisa berpindah tempat sendiri juga. Sudah pastilah orangnya, sang fotografer yang bergerak kesana kesini.

Nah, betul sekali.

Tetapi, apakah semua orang bisa menghasilkan hal yang sama seperti ini? Kenyataannya tidak. Banyak sekali orang berkunjung ke Kebun Raya Bogor dan melihat patung ini, tetapi cobalah cari via Google, apakah ada satu foto pun tentang patung ini?

Jawabnya, tidak. Saya sudah mencobanya beberapa lama dan bahkan tidak satupun foto yang beredar di dunia maya tentang patung ini. Kebanyakan tidak menganggap patung ini menarik dan bisa dijadikan sebuah foto yang enak dipandang.

Kenyataannya, tidak demikian bukan. Meski saya pemula dan bukan seorang maestro, rasanya foto-foto ini tetap saja enak dilihat. Tentu bukan untuk dilombakan, tetapi sebagai foto wisata, hasilnya jauh di atas rata-rata (sombong sedikit boleh yah).

fotografi adalah tentang mengembangkan ide dan kreatifitas 2

Hal ini hanya menunjukkan satu hal bahwa memotret itu sendiri tidak tergantung pada kamera, tetapi pada orang di belakangnya, the man behind the gun.

Obyek apapun dan kamera apapun di tangan akan bisa dibuat menjadi indah dan menarik, dengan syarat, orangnya mau berusaha mengembangkan ide dan kreatifitas di dalam dirinya. Jika seseorang mau terus berusaha mencari dan mencari sudut-sudut pandang lain dan juga berpikir secara out of the box, maka ia akan “menemukan” banyak dan juga menghasilkan sama banyaknya.

Hanya, jika ia malas, maka ia tidak akan mendapatkan apa-apa selain yang “biasa”. Obyek seindah dan secantik apapun dan dengan kamera semahal apapun, ia tidak akan bisa membuat orang tertarik dan melihat hasil karyanya.  Sebaliknya, seorang maestro fotografi jalanan seperti Eric Kim, hanya dengan sebuah Ricoh GR saja bisa membuat orang berduyun-duyun mengikuti workshop yang diadakannya (padahal berbayar lumayan mahal).

Fotografi bukanlah tentang kamera atau obyek, tetapi adalah tentang bagaimana seorang fotografer mengembangkan sisi kreatif dari dirinya sebagai manusia. Kamera hanyalah alat penyalur agar kreatifitas dan idenya orang di belakang kamera saja.. Obyeknya adalah tetap obyek dan tidak akan menjamin apapun.

Itulah mengapa, saya berpandangan bahwa seorang fotografer, jika mau menjadi handal harus terus berusaha memacu dirinya dengan belajar, belajar, dan belajar. Mencoba, mencoba, dan mencoba. Melakukan kesalahan dan kemudian memperbaikinya. Dengan begitu daya kreasinya akan terus berkembang dan bertambah kaya.

Fotografi adalah tentang mengembangkan ide dan kreatifitas manusianya dan bukan sekedar tentang memilih kamera yang paling canggih dan paling mahal.

Bukan begitu, Kawan?

Gallery for Fotografi Adalah Tentang Mengembangkan Ide dan Kreatifitas