GIMP : Tidak Semua Software Untuk Mengedit Foto Berbayar

GIMP-Tidak Semua Software Untuk Mengedit Foto Berbayar - contoh foto yang diedit dengan gimp

Tidak berbayar. Betul sekali, software untuk mengedit foto ini tidak berbayar sama sekali. Bahkan tidak ada iklan yang tampil saat dipergunakan, tidak seperti kebanyakan software gratisan yang akan menampilkan iklan saat dipergunakan atau diinstall.

GIMP namanya. Nama ini merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program atau Program Untuk Memanipulasi Image/Citra/Foto. License-nya adalah free software alias bisa diunduh dan dipergunakan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun (kecuali biaya bulanan internet, listrik, dan kopi ya).

Memang, namanya tidak setenar Adobe Photoshop atau Lightroom yang kondang di dunia fotografi. Tetapi, GIMP bisa menjadi salah satu opsi bagi yang tidak memiliki dana untuk membeli Photoshop atau Lightroom, yang tidak murah itu. Apalagi Lightroom yang harus dibayar perbulan (sekitar Rp. 135.000.-/bulan).

GIMP juga memiliki fitur yang cukup banyak dan sangat mirip dengan apa yang tersedia di saingannya. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan dengan software ini, mulai dari sekedar merubah foto berwarna menjadi hitam putih, mengecilkan ukuran foto, hingga melakukan berbagai editting rumit, seperti efek Selective Color,

Kalau hanya mengatur contrast, brightness, dan cropping sih bukanlah sebuah masalah. Menggabungkan dua image pun bisa dilakukannya.

Jadi, kalau memang belum ada dana untuk mendapatkan Photoshop atau Lightroom, GIMP seharusnya bisa menjadi sebuah pilihan bijak. Toh, kemampuannya akan cukup untuk membantu memperbaiki image dan mengembangkan berbagai ide kreatifnya.

Salah satu contoh dari hasil editting dengan GIMP adalah foto di artikel ini. Lumayan kan?

Tolong Bantu Dishare Siapa Tahu Ada Yang Membutuhkan

admin

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya