Harga Sebuah Foto di Getty Images Lebih Mahal Daripada Biaya Blog Ini Selama 2 Tahun

Harga Foto di Getty Images Lebih Mahal Daripada Biaya Server Blog Ini 3
Bebegig – Cap Go Meh Bogor 2018

Bukan. Bukan foto “bebegig” (orang-orangan sawah) di atas. Foto ini adalah hasil karya saya sendiri yang dijepret pada pagelaran CGM Bogor Street Festival 2018 yang lalu dan bukan diambil dari Getty Images. Admin blog ini tidak akan sanggup untuk membayar harga foto Getty Images yang satu foto saja nilainya sama dengan biaya menjalankan blog ini (dan domain induknya Lovely Bogor) selama kurang lebih 2 tahun.

Tidak percaya bahwa sebuah foto dari perusahaan agen foto terkenal di dunia itu bisa berharga semahal itu? Coba lihat screenshoot dari website resminya di bawah ini.

Harga Foto di Getty Images Lebih Mahal Daripada Biaya Server Blog Ini 2

Lihat kolom yang sudah di dalam kotak merah. Sebuah foto berukuran 3000×2000 pixel dengan besar 6 Megapixel saja diberi bandrol US$ 500 atau dengan kurs saat ini sama dengan 7 juta rupiah.

Nilai ini 2 kali lipat (hampir 3 kali) biaya untuk menjalankan 4 buah blog di idwebhost yang ongkosnya kira-kira 2 1/2 juta rupiah selama setahun. Jadi, sebuah foto dari Getty Images bisa memastikan blog LB Fotografi berjalan selama 730 hari.

Hal ini tidak mengherankan karena perusahaan penyedia foto ini merupakan langganan dari banyak media massa terkenal di dunia. Perusahaan yang berdiri tahun 1995 ini memang menyediakan foto-foto berkualitas tinggi yang biasa dipergunakan untuk editorial di dunia.

Kualitas fotonya juga tinggi karena dihasilkan oleh para fotografer profesional yang memiliki keahlian fotografi yang tinggi. Tentunya ditunjang dengan peralatan yang tidak juga murah harganya.

Meskipun demikian, sejak tahun 2014, Getty Images juga menyediakan sebuah layanan “pro bono” alias gratis. Sebagian besar koleksinya, total berjumlah 80 juta foto, bisa dipergunakan secara cuma-cuma untuk keperluan non komersial. Tujuannya untuk mempermudah banyak pengelola blog dan media bisa mempergunakan foto berkualitas tinggi dengan biaya sangat murah.

Tidak ada lagi watermark yang diletakkan pada foto. Para pengguna foto Getty Images, cukup mengambil kode “semat” (embed) dan kemudian meletakkan di dalam blog atau website mereka. Setelah itu foto akan tampil tetapi dengan tambahan beberapa tombol dan label Getty Images.

No Free Lunch. Tidak Ada Makan Siang Gratis lah. Bagaimanapun, perusahaan yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat adalah sebuah institusi bisnis yang bertujuan mencari keuntungan dan pola “gratisan” yang diberikan tentunya harus memberikan juga keuntungan.

Dan, bagi blogger, seperti saya, hal itu bisa berarti banyak karena bisa menampilkan foto berkualitas tinggi, dan tidak perlu mengorbankan biaya menyewa server selama dua tahun.

Meskipun demikian, saya tidak menggunakan foto Getty Images di blog ini.  Bukan karena harganya yang mahal, tetapi memang tidak perlu. Blog ini tidak diniatkan untuk tujuan komersial dan sekedar untuk berbagi sedikit tentang dunia fotografi. Tidak ada fungsinya memakai foto mahal disini. Cukup dari yang dihasilkan oleh kamera sendiri saja.

Tolong Bantu Dishare Siapa Tahu Ada Yang Membutuhkan

admin

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya