Keuntungan Terbesar Menggunakan Mode Auto Pada Kamera

Keuntungan Terbesar Menggunakan Mode Auto Pada Kamera a

Mode Auto adalah fitur pada kamera digital masa kini dimana para fotografer menyerahkan berbagai setting kamera, seperti ISO, Aperture, Shutter Speed, dan lain sebagainya pada kamera. Dengan menggunakan mode ini, pada dasarnya fotografer memerintahkan kepada kamera untuk mengikuti standar yang sudah ditetapkan oleh produsen terkait pada situasi dan kondisi pada saat pemotretan.

Tidak berarti bahwa kamera akan menjadi tidak fleksibel. Kamera digital masa kini sudah sedemikian canggihnya, sehingga mereka sudah bisa “berpikir” dan akan menyesuaikan settingan kamera dengan situasi dan kondisi saat pemotretan. Jadi, berbagai faktor dalam ISO, termasuk Segitiga Exposure (ISO, Aperture, Shutter Speed) tadi akan menyesuaikan sesuai data standar yang sudah diberikan oleh produsen.

Biasanya masyarakat awam dan para pemula lah yang paling sering menggunakan mode auto pada kamera karena pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki masih menghambat untuk berkreasi lebih jauh. Sebaliknya, banyak fotografer pada tingkat yang lebih lanjut biasanya kerap “tidak mau” menggunakan mode auto karena dianggap justru menjadi penghambat kreatifitas saat memotret.

Meskipun demikian tidak semua berpandangan demikian. Masih banyak fotografer bahkan pada tingkat mahir dan profesional pun tetap menggunakan mode auto saat memotret, sebagai contoh Eric Kim, sang fotografer jalanan kondang berdarah Korea. Ia dengan Ricoh GR II-nya, justru lebih sering memasang mode auto saat memotret.

Hal itu karena menggunakan mode auto pada kamera memiliki “keuntungan” yang sangat besar sekali.

Keuntungan itu adalah berupa WAKTU.

Memang terlihat tidak penting karena hanya berbeda beberapa detik. Tetapi, dengan menyerahkan penentuan settingan foto kepada kamera, maka sang fotografer akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengatur KOMPOSISI foto yang akan dibuat.

Ia akan memiliki waktu lebih untuk berpikir dimana harus meletakkan obyek, mengecek apakah horison sudah lurus atau belum, apakah latar belakang sudah cocok dengan subyek foto atau tidak, dan masih banyak hal lain.

Tips Memotret Anak Anak 2

Memang akan ada kekurangan dalam penggunaan mode auto, tetapi kekurangan itu dikompensasikan dengan perhatian lebih yang bisa diberikan pada “isi dari foto”nya sendiri.

Hal itu akan sangat penting, terutama bagi mereka yang bergelut dalam fotografi jalanan dimana waktu menjadi sangat krusial. Kehilangan beberapa detik bisa membuat momen menarik hilang dan decisive moment yang diinginkan terlewat.

Itulah keuntungan terbesar dari menggunakan mode auto. Sesuatu yang sangat disadari oleh sang Eric Kim, sang master fotografi jalanan.

Ada keuntungan tambahan lagi, yaitu tingkat kegagalan karena kesalahan teknis menurun.

Memang, bagi mereka yang sudah mahir, mengatur setting kamera bisa hanya sepersekian detik. Hal itu karena pengalaman, pengetahuan, dan kemampuan mereka menilai sesuatu sudah sangat terasah.

Tetapi, bagi seorang pemula, dengan pengalaman yang minim, hal itu bisa sangat menyulitkan. Tidak pernah mudah untuk menilai kondisi dan situasi saat pemotretan dan kemudian menterjemahkannya dalam settingan kamera yang pas. Tidak mudah sama sekali.

Kesalahan dalam mengatur settingan kamera, seperti ISO saja bisa membuat sebuah foto menjadi overexposed atau underexposed. Hasilnya bisa jadi mengecewakan.

Penggunaan mode auto bisa memperkecil kemungkinan kesalahan. Memang tidak akan menjadi wah dan hasilnya terkesan “aman-aman”, tetapi bukankah hal itu lebih bagus daripada sebuah foto yang blur atau terlalu gelap?

Itulah salah satu keuntungan tambahan dari penggunaan mode auto.

Tips Memotret Anak Anak

Mode auto pun tidak berarti fotonya tidak akan menjadi menarik. Pengalaman selama ini dalam menggunakan kamera menunjukkan bahwa prinsip “The Man behind the Gun” juga berlaku dalam hal ini. Bukan mode apa yang menentukan bagus tidaknya sebuah foto, tetapi pemotretnya lah yang menentukan. Jika komposisi fotonya bagus, maka sebuah foto hasil penggunaan mode auto pun bisa saja memukau banyak orang.

Foto-foto di dalam artikel ini pun dibuat dengan menggunakan mode itu saja. Silakan menilai sendiri apakah cukup menarik atau tidak.

Tolong Bantu Dishare Siapa Tahu Ada Yang Membutuhkan

admin

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya