Memperhatikan Detail Sebelum Menekan Tombol Untuk Menghindarkan Sesuatu Tak Terduga Dalam foto

Komposisi Foto : Memperhatikan Detail Sebelum Menekan Tombol Untuk Menghindarkan Sesuatu Tak Terduga Dalam Foto

17 views

Perjalanan hunting foto di sekitaran Kali Ciliwung hari Sabtu yang lalu memberikan pelajaran berharga saat membuat komposisi foto. Hal itu adalah agar saya lebih memperhatikan detail sebelum menekan tombol shutter release.

Tujuannya tentunya selain agar fotonya menjadi bagus dan enak dilihat, juga untuk menghindarkan masuknya obyek tak terduga ke dalam frame foto yang membuat fotonya menjadi bocor (Baca : Istilah Foto Bocor Dalam Dunia Fotografi). Hal ini terutama bagi mereka yang menggeluti fotografi jalanan, meski juga bisa diterapkan bagi genre fotografi lainnya.

Mayoritas dari fotografer atau penggemar fotografi biasanya kalau sudah tertarik pada suatu obyek, maka perhatiannya akan tercurah sepenuhnya. Otaknya berpikir tentang ide, setting kamera yang tepat, dan lain sebagainya.

Bagus sebenarnya.

Masalahnya, acapkali kosentrasi dan fokus yang tercurah pada satu sisi mengabaikan berbagai hal-hal lain, yang dianggap hal kecil. Contohnya, ketika sedang memotret foto model cantik, perhatian akan terfokus agar foto yang dihasilkan menjadi “wow”, tetapi kerap tidak memperhatikan hal seperti orang yang lalu lalang, mobil yang lewat, dan sejenisnya.

Detail-detail kecil inilah yang terkadang justru menjadi penentu. Hal ini bisa menyebabkan waktu, tenaga, pikiran, yang sudah banyak dikeluarkan menjadi sia-sia karena fotonya menjadi rusak dan tidak enak dilihat.

Hunting foto Sabtu minggu yang lalu, hal itu terjadi.

Ide awalnya adalah bercerita tentang keasyikan anak-anak pinggir kali sedang memancing di kala sungai Ciliwung surut. Sebuah ide yang cocok dengan blog yang saya kelola, Lovely Bogor karena menggambarkan satu sisi kehidupan masyarakat pinggir kali.

Apalagi fokus utamanya anak-anak bermain. Jarang sekali jika anak-anak menjadi obyek, foto tidak enak dilihat. Keceriaan tingkah laku mereka merupakan daya penarik yang kuat.

Kesanalah mata dan kamera terarah. Memang tingkahnya lucu dan menarik sehingga beberapa jepretan dilepaskan.

Beberapa kali ngecek layar LCD Monitor si Canon 700d, rasanya cukup puas. Tingkah mereka terekam sempurna dan menarik untuk dilihat.

Tidak ada masalah, setidaknya saat itu.

Hanya, setibanya di rumah, karena ada beberapa jepretan, sesuai prinsip KILL THE BABIES-nya Eric Kim, saya melihat-lihat foto-foto tersebut untuk memilih yang terbaik dan langsung mendeleta yang terburuk.

Cukup beberapa menit, dan kemudian saya tertawa terbahak-bahak.

Rupanya, saking terfokusnya pada para tokoh foto, yaitu 3 anak yang sedang bermain di pinggir kali, saya tidak memperhatikan adanya kehadiran anak ke-4. Memang antara ketiga anak tokoh utama foto dan yang ke-4 terpisah jarak sekitar 20 meter.

Disini terlihat pentingnya memberikan waktu sejenak untuk berpikir dan memperhatikan detail sebelum menekan tombol shutter release. Ternyata sosok anak ke-4 itu terekam, walau karena jarak mereka terpisah lumayan jauh menjadi blur, tetapi postur tubuhnya terlihat jelas.

Begini hasilnya.

Memperhatikan Detail Sebelum Menekan Tombol Shutter Release Untuk Menghindarkan FOTO BOCOR

Bisa paham mengapa saya tertawa? Kalau belum nanti saya beritahu di akhir tulisan.

Bagi saya sendiri karena idenya memang tentang kehidupan di pinggir kali, kehadiran sosok yang tidak direncanakan itu justru menambah spesial foto-foto yang dihasilkan.

Obyek tak terduga itu justru sangat menunjang untuk memberikan gambaran bagaimana kehidupan masyarakat disana. Bukan masalah dan saya tidak menganggapnya foto bocor.

Hanya, tetap saja berarti saya lalai dalam memperhatikan detail sehingga obyek tersebut bisa masuk ke dalam frame foto. Sesuatu yang seharusnya dihindari.

Bayangkan saja, kalau itu untuk prewedding dan ternyata obyek tak diharapkan seperti itu ikut bergabung. Lalu, baru diketahui setelah semua balik ke studio. Apa tidak menjadi masalah?

Untungnya ini hanyalah untuk blog. Jadi, kelalaian kali ini justru berakibat bagus. Meskipun demikian, tetap menjadi sebuah pelajaran agar di kemudian hari, perhatian harus juga bisa disebar dan hanya terpaku pada satu titik, si obyek utama saja.

Nah, sudahkah Anda menemukan obyek tak terduga yang dimaksud tadi. Kalau belum silakan lihat di bawah ini, sudah ada kotak merah untuk menandainya.

Memperhatikan Detail Sebelum Menekan Tombol Shutter Release Untuk Menghindarkan Sesuatu Tak Terduga Dalam foto 2

Sudah jelas kan apa yang membuat tertawa? Anda boleh ikut ngakak kalau mau..:-D

Gallery for Komposisi Foto : Memperhatikan Detail Sebelum Menekan Tombol Untuk Menghindarkan Sesuatu Tak Terduga Dalam Foto

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya