Lebih Baik Menyewa Jasa Fotografer Pro Untuk Acara Pernikahan 2

Lebih Baik Menyewa Jasa Fotografer Pro Untuk Acara Pernikahan

10 views

Percayalah. Jangan lakukan. Jika Anda sedang merencanakan untuk memotong budget “menyewa jasa fotografer pro” untuk pernikahan Anda karena masalah budget yang ketat. Juga jangan meminta teman, saudara yang menurut Anda pandai memotret untuk menjadi gantinya, juga jangan lakukan.

JANGAN! Kecuali mereka memang ahli dan bergelut dalam bidang ini.

Usahakan anggaran untuk menyewa jasa fotografer tetap ada, meski Anda bisa mencari yang lebih kompetitif. Tetapi, jangan gantikan dengan teman atau saudara yang “bisa” memotret.

Mengapa Menyewa Jasa Fotografer Pro Untuk Acara Pernikahan Lebih Baik?

Sederhana saja. Semua biasanya beres ketika diserahkan kepada ahlinya. Itu juga kata pepatah bukan.

Seorang dokter umum akan paham secara garis besar masalah gigi, tetapi bisakah ia mencabut gigi. Tentunya, TIDAK. Masalah gigi harus diserahkan kepada dokter gigi agar bisa beres.

Dalam fotografi pun begitu.

Bisa jadi, memang teman atau saudara itu kebetulan punya kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) yang mahal. Punya tripod juga. Punya flash external juga. Mirip dengan apa yang dimiliki para fotografer professional.

Sayangnya, ada satu hal kunci yang mungkin mereka tidak miliki.

SKILL.

Kemampuan.

Fotografi bukanlah hanya sekedar tentang kamera dan asesoris-nya saja. Seorang yang memiliki kamera belum tentu paham bagaimana menggunakannya.

Seorang yang bisa memotret pun tidak berarti ia paham semua trik dalam memotret karena fotografi itu terlalu luas. Itulah mengapa biasanya sebagian besar fotografer akan memilih genre yang mereka hendak tekuni.

Dalam memotret di acara pernikahan, tidak semua fotografer akan paham bagaimana menghasilkan foto yang benar-benar menyajikan memori indah tentang sebuah kebahagiaan, sesuatu yang merupakan inti dari fotografer wedding/pernikahan.

Seorang fotografer yang terbiasa memotret outdoor akan menghadapi masalah ketika memotret di dalam ruangan. Mereka tidak terbiasa. Begitu juga seorang penggemar fotografi jalanan, sulit dan butuh waktu menyesuaikan dengan suasana formal dalam sebuah acara pernikahan.

Padahal acaranya sendiri “teramat sangat penting” karena semua orang yang menikah berharap hanya satu kali saja (kecuali yang hobi poligami).

Pengantin akan berharap foto-foto yang dihasilkan dalam sebuah acara pernikahan memperlihatkan kecantikan dan ketampanan mereka. Semua orang ingin tampil indah di saat itu. Mereka juga berharap suatu waktu, ketika mereka sudah lanjut usia, foto-foto itu bisa menceritakan kepada anak cucunya, betapa cantiknya neneknya, betapa gantengnya kakeknya, dan betapa bahagia mereka saat itu.

Untuk itu, tidak semua fotografer bisa melakukannya. Butuh mereka yang tahu seluk beluknya, teknik, pencahayaan, dan lain sebagainya. Acara pernikahan selalu membutuhkan fotografer yang ahli dalam bidang ini.

Menggunakan jasa fotografer yang belum teruji dalam bidang ini memang menghemat biaya lumayan. Fotografer pernikahan tidak murah jasanya, tetapi hal itu bisa memastikan foto-fotonya bisa dikenang suatu hari nanti.

Menyewa jasa mereka yang hanya sekedar bisa memotret rentan dan memperbesar peluang kekecewaan akan muncul. Apalagi momen-momen tersebut tidak akan bisa diulang.

Lebih Baik Menyewa Jasa Fotografer Pro Untuk Acara Pernikahan

Maaf. Foto-foto di artikel soal fotografi pernikahan ini justru foto-foto biasa saja hasil jepretan di jalanan. Tidak ada foto pasangan yang sedang menikah untuk dipajang, karena saya tidak pernah memotret di acara pernikahan.

Bukan bidang saya. Dan, saya tidak akan pernah menerima tawaran untuk memotret di acara tersebut. Kalau sekedar untuk acara ulang tahun, bolehlah, tetapi kalau untuk perkawinan, maaf maaf saja. Bukan bidang saya.

Saya bisa memotret dan menekuni fotografi. Juga, ada beberapa website yang menggunakan banyak hasil karya saya dan lumayan mendapat pengakuan. Tetapi, terus terang saya tidak berani menerima tawaran memotret dalam sebuah acara pernikahan.

Alasannya, saya tidak ingin membuat sepasang manusia kecewa seumur hidupnya karena mereka melihat foto-foto pada saat acara pernikahan mereka yang tidak enak dilihat.

Jadi, kawan, untuk pernikahan Anda, keluarkanlah biaya sedikit lebih dan paksakan untuk menyewa jasa fotografer pro. Jangan gunakan jasa teman atau saudara untuk acara pernikahan yang cuma sekali seumur hidup, kecuali mereka fotografer pro.

Lebih baik keluar biaya sedikit lebih banyak daripada menyesal di kemudian hari.

Gallery for Lebih Baik Menyewa Jasa Fotografer Pro Untuk Acara Pernikahan

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya