Memotret Secara Tidak Langsung

Memotret Secara Tidak Langsung
Cap Go Meh Bogor 2018

Entahlah apa nama resmi teknik ini. Framing kah? Mirroring kah? Yah, entahlah. Harap maklum sebagai seorang fotografer jalanan yang ilmunya kebanyakan berasal dari internet dan pengalaman pribadi, sulitlah untuk mendefinisikan teknik memotret secara tidak langsung seperti ini.

Inti dari teknik ini sebenarnya adalah bahwa kamera tidak terarah langsung kepada obyek yang hendak dimasukkan dalam bingkai foto. Yang dipotret sebenarnya adalah pantulan dari obyek itu di berbagai benda, seperti cermin. Jadi, dengan kata lain sebenarnya kita memotret benda yang bukan obyek utama, tetapi pelengkap.

Hasil berkelana di internet, penggunaan teknik ini cukup lazim dan banyak digunakan oleh fotografer terkenal di luar dan dalam negeri. Tujuannya tentu demi menambah nilai artistik sebuah foto dan keluar dari jalur umum dimana obyek dipotret secara langsung.

Cukur Rambut

Dan, pengalaman selama ini memang hasilnya jadi “berbeda” dibandingkan biasa. Ada nuansa unik pada hasil foto dengan teknik memotret secara tidak langsung seperti ini.

Teknik ini juga bisa dipergunakan untuk melakukan selfie atau swafoto tanpa melakukan selfie itu sendiri. Caranya yaitu dengan memotret pantulan diri sendiri pada cermin atau benda lain yang bisa memantulkan bayangan.

Pernah mencoba memotret dengan cara ini? Coba saja. Mengasyikkan juga ternyata.

Tolong Bantu Dishare Siapa Tahu Ada Yang Membutuhkan

admin

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya