Memperluas atau mempersempit Bidang Pandang dengan zoom atau maju mundur

Memperluas atau Mempersempit Bidang Pandang : Zoom atau Maju Mundur

4 views

Kemajuan teknologi terkadang melenakan dan juga bisa membuat malas. Dunia fotografi pun tidak terlepas dari efek ini. Penggunaan zoom sebagai alat untuk memperluas atau mempersempit bidang pandang seorang fotografer seringkali membuat banyak orang berpikir bahwa itu satu-satunya cara.

Padahal tidak demikian halnya. Masih ada cara lain yang sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus mengutuk kekurangan yang ada pada kamera atau lensa yang kita miliki.

Caranya?

Maju atau mundur. Pergunakan kaki untuk mendekati atau menjauhi obyek yang hendak difoto.

Fitur zoom memang dilahirkan untuk mempermudah para pemotret dan dengan begitu mereka bisa menjadi efisien, alias tidak perlu capek dan mengeluarkan tenaga. Fungsi fitur ini pada dasarnya menggantikan peran kaki.

Seorang pemotret tidak perlu lagi harus berjalan maju mendekatkan diri pada obyek agar bidang pandangnya menjadi sempit. Begitu pun sebaliknya, ia tidak perlu mundur jika bidang pandangnya perlu diperluas.

Zoom juga kerap dipergunakan ketika ada halangan di antara pemotret dengan obyek.

memperluas atau mempersempit bidang pandang dengan zoom atau maju mundur (1)

Meskipun demikian, fitur ini tidak tak tergantikan. Banyak pemotret menyesali keterbatasan kamera atau lensanya ketika menghadapi masalah ini. Padahal sebenarnya ini hanyalah masalah kebiasaan saja. Mungkin karena sudah merasa nyaman dan praktis memakai zoom, terkadang kita melupakan bahwa hal itu bisa dilakukan dengan cara lain.

Oleh karena itu, kawan, jika Anda merasa perlu memperluas atau mempersempit bidang pandang saat memotret, dan kebetulan kamera atau lensanya tidak mampu memenuhi keinginan, jangan ragu untuk menggunakan kaki, bergeraklah maju atau mundur sesuai dengan kebutuhan.

Ingat lo, tidak ada fotografer handal yang tidak mau berkorban dan bergerak untuk menghasilkan foto yang baik.

Hasilnya bisa sama saja dengan saat menggunakan zoom.

Itulah mengapa para fotografer juga harus rajin berolahraga supaya kakinya kuat karena ada saatnya bahkan zoom pun tidak mampu memenuhi kemauan kita. Satu-satunya cara adalah dengan menggerakkan kaki mendekati atau menjauhi obyek.

Gallery for Memperluas atau Mempersempit Bidang Pandang : Zoom atau Maju Mundur