mengenal aperture priority pada kamera 3

Mengenal Aperture Priority Pada Kamera

10 views

Aperture Priority adalah istilah yang mengacu pada sebuah mode/fitur pada kamera digital yang memberikan kontrol seorang fotografer terhadap pengaturan aperture/diafragma pada kameranya dan kamera akan menyesuaikan ISO dan Shutter Speed yang sesuai.

Mode aperture priority terdapat pada hampir semua jenis kamera prosumer, DSLR (Digital Single Lens Reflex), atau Mirrorless.

Kode yang diberikan terhadap fitur ini bervariasi dan bisa berbeda untuk setiap brand atau merk. Canon menggunakn kode Av sementara Nikon dan Fuji melabeli fitur ini dengan kode A.

mengenal aperture priority pada kamera 2
Mode Aperture Priority pada kamera Nikon

Mengapa Menggunakan Aperture Priority

Bagi pemula yang sudah merasa bosan menggunakan mode auto dan ingin berkreasi, tetapi masih dibingungkan bagaimana menghitung segitiga exposure (ISO/Shutter Speed/Aperture), bisa memulai dengan mencoba menguasai salah satu saja dengan mengaktifkan salah satu dari Aperture Priority atau Shutter Priority.

Dengan begitu, ia tidak perlu melakukan perhitungan njlimet dan cukup memfokuskan dan membiasakan diri terhadap perubahan aperture saja. Selebihnya akan diatur secara otomatis oleh komputer mini dalam kamera.

Sebagai contoh, dengan misalkan ia mensetting aperture pada titik f/5.6, maka kemudian kamera akan mencari ISO dan Shutter Speed yang cocok dengan bukaan tersebut. Tidak perlu melakukan perhitungan sendiri tetapi bisa tetap berkreasi dan berinovasi.

Mode ini juga kerap digunakan oleh banyak fotografer, terutama yang gemar hunting foto di jalanan yang membutuhkan reaksi cepat. Dengan terfokus pada aperture priority, mereka bisa menghemat waktu setting kameranya tanpa harus kehilangan momen.

Praktis dan tetap membuka peluang menghasilkan foto yang berbeda.

mengenal aperture priority pada kamera

Bagaimana Mengaktifkan Mode Aperture Priority?

Ada beberapa cara termasuk diantaranya adalah melalui monitor bagi jenis kamera yang sudah diperlengkapi dengan layar sentuh. Tetapi, kebanyakan fotografer lebih suka mengatur melalui roda kontrok yang berada di bagian atas kamera.

(Lihat gambar di atas. Contoh di atas menggunakan kamera Canon)

  1. Putar roda kontrol hingga titik putih (atau merah) terarah ke tulisan “Av”
  2. Mode Aperture Priority sudah aktif dengan ini
  3. Kemudian pada saat hendak memotret letakkan jari di roda gigi kedua. Fungsinya untuk menambah atau mengurangi besaran aperture.
  4. Kemudian tekan shutter release button setengah sambil mata mengintip melalui pentamirrox yang mengarah ke sasaran. Pada saat itu akan terlihat besaran aperture saat itu (f/5.6 atau f/4)
  5. Putar roda gigi kedua hingga angkanya menunjukkan aperture yang diinginkan
  6. Setelah sesuai, tekan shutter release untuk memotret

Itu saja. Hasil foto sudah akan menyesuaikan dengan bukaan yang dipakai.

Tips : cobalah memotret satu obyek dari sudut yang sama dengan menggunakan aperture priority. Pergunakan beberapa bukaan diafragma yang berbeda dan kemudian bandingkan hasilnya. Dengan begitu, maka kita bisa melihat efek dari berbagai aperture yang berbeda. Selain itu maka tangan kita pun akan terbiasa melakukan setting dengan cepat.

Gallery for Mengenal Aperture Priority Pada Kamera