Mengenal Leading Line : Sang Garis Imajiner Pembimbing Mata

45 views

Leading line adalah sebuah konsep atau istilah dalam fotografi yang merujuk pada keberadaan garis-garis imajiner dalam sebuah foto. Kata imajiner dipergunakan karena pada dasarnya “garis-garis” itu tidak ada dan tidak dibuat secara khusus. Garis-garis ini memang sudah “tersedia” secara alami.

Tersedia secara alami?

Perhatikan saja bentuk seperti di bawah ini :

Mengenal Leading Line Sang Garis Imajiner Pembimbing Mata 5

Deretan ruko pada foto di atas secara alami membentuk sebuah “garis” yang sebenarnya tidak ada. Tetapi, bagi mata manusia deretan itu terlihat seperti garis.

Itulah yang disebut leading line dalam fotografi.

Banyak bentuk benda dan alam di dunia yang secara alami membentuk garis-garis imajiner ini, seperti contoh jalan, pagar, tembok, bahkan aliran sungai jika dilihat dari atas pun berbentuk garis yang berkelok.

Fungsi Leading Line dalam Foto

Sebagai pembimbing!

Iya. Secara tidak sadar mata manusia menyukai garis-garis dan bentuk-bentuk simetris.

Ketersediaan leading line bisa membimbing mata seorang yang melihat foto untuk menjelajahi foto lebih jauh. Yang melihat cenderung untuk terus mengekplorasi foto mengikuti garis-garis imajiner yang ada.

Adanya garis-garis pembimbing juga bisa membantu yang melihat segera menemukan subyek utama.

Sebagai contoh dua foto di bawah ini.

Mengenal Leading Line Sang Garis Imajiner Pembimbing Mata 2

Mengenal Leading Line Sang Garis Imajiner Pembimbing Mata 3

Foto yang pertama sangat mempermudah seseorang menemukan subyek utama foto tersebut. Pada foto kedua, tidak terasa mata akan mengikuti leading line yang ada hingga menemukan dua orang yang sedang menaiki tangga.

Bentuk Leading Line

Garis-garis imajiner ini tidak melulu harus berbentuk garis lurus. Tetapi bisa juga berbentuk setengah lingkaran atau berkelak-kelok.

Bagaimanapun, yang namanya garis tidak selalu harus lurus tetapi bisa juga melingkar atau bentuk lainnya.

Juga tidak selamanya harus berupa garis tanpa jeda. Bisa juga garis-garis itu berbentuk putus-putus.

Leading Line Sang Garis Imajiner Pembimbing Mata 4

Itulah yang disebut dengan leading line dalam fotografi.

Bagaimana mencari leading line? Ada satu alasan juga mengapa banyak fotografer senior dan berpengalaman sebelum memotret akan menyapukan pandangan ke sekitar. Tujuannya selain untuk mencari background atau latar belakang, memisahkan obyek foto dari keramaian, dan yang satu lagi adalah mencari-cari adanya leading line.

Ketersediaannya banyak sekali dimanapun. Yang perlu dilakukan oleh para fotografer adalah menemukannya dan mensinkronkannya dengan ide, tema, dan obyek yang akan difoto.

Juga, janganlah pernah takut kotor untuk memotret bahkan sambil telungkup di jalan karena jalan adalah penyedia garis-garis imajiner ini dan mudah ditemukan. Jangan juga malas bergerak karena terkadang dengan bergerak dan merubah sudut pemotretan, kita bisa mendapatkan bantuan garis-garis imajiner ini untuk membuat foto yang lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat.

Gallery for Mengenal Leading Line : Sang Garis Imajiner Pembimbing Mata