Menghasilkan Latar Belakang Langit Biru Pada Foto Tanpa Photoshop

Menghasilkan Latar Belakang Langit Biru Pada Foto Tanpa Photoshop 2

Menghasilkan latar belakang langit biru pada foto atau image, bagi para digital artis, tentunya tidaklah sulit. Cukup dengan mencari via internet image atau foto langit biru dan kemudian gabungkan dengan image lain. Jadi deh.

Sayangnya, saya bukan seorang digital artis. Walau paham cara menggunakan photoshop, kemampuannya jauh dari kata mahir. Lagipula, bisa dikata saya termasuk golongan fotografer kuno yang lebih menekankan pada kemampuan menghasilkan foto yang enak dilihat secara natural dan kalau perlu tanpa menggunakan photo editting software seperti Photoshop.

Oleh karena itulah, dalam menghasilkan foto berlatar belakang langit biru pun, saya melakukannya dengan cara kuno saja.

Caranya dengan memperhatikan cuaca.

mendapatkan latar belakang langit biru pada foto tanpa photoshop 2

Cuaca?

Yap. Betul sekali. Kebetulan, saya tinggal di sebuah kota yang bercurah hujan tinggi, Bogor. Dan, rupanya kebiasaan memperhatikan apakah hujan akan turun atau tidak memberikan sedikit pengetahuan sederhana.

Biasanya, setelah hujan turun, baik di malam hari atau pagi hari, dan kemudian matahari bersinar, maka kecenderungannya adalah langit akan cerah dan berwarna biru. Hal tersebut tidak dipandang sebagai keuntungan sebelum menekuni fotografi, tetapi setelah mengenal dunia ini, ternyata pengetahuan sederhana itu sangat membantu sekali.

Jadi, kalau kebetulan hujan turun, dan esoknya hari Sabtu atau Minggu, maka si Canon langsung dipersiapkan. Izin untuk hunting foto pun langsung diajukan kepada kumendan di rumah.

Biasanya tidak salah prediksinya. Yah, paling tidak 70-80% terbukti selama ini. Yang sisanya adalah karena hujan ternyata tidak berhenti keesokan harinya atau kumendan membutuhkan saya mengantar belanja.

Tidak perlu settingan khusus untuk mendapatkan latar belakang langit biru pada foto dengan cara ini. Settingan standar atau mode auto pun tetapi bisa menghasilkan indahnya langit biru dalam foto.

Foto pertama di bagian atas bahkan hanya mempergunakan smartphone lawas saja, Asus T00N dengan setting auto. Tidak perlu ada hal spesial/spesifik yang harus dilakukan.

Mengapa bisa begitu? Entahlah penjelasan teknis resminya, tetapi dugaannya adalah bahwa berbagai polutan yang mencemari udara luruh ke bumi bersamaan dengan air hujan. Hal itu membuat pantulan warna biru terlihat jelas sekali.

Yang perlu diperhatikan adalah sebisa mungkin memotret di pagi hari karena kecenderungan pula kalau di siang hari, warna biru langitnya menjadi pupus, pudar dan agak putih.

Jadi, kalau hujan turun di malam hari, janganlah misuh-misuh. Persiapkan saja kamera dan pastikan izin hunting foto keluar. Bersiaplah berburu langit biru keesokan harinya dan berdoa agar hujannya tidak berkepanjangan, (dan menyebabkan banjir)

Tolong Bantu Dishare Siapa Tahu Ada Yang Membutuhkan

admin

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya