merubah foto berwarna menjadi hitam putih dengan Photoscape 3

Merubah Foto Berwarna Menjadi Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

133 views

Mengedit foto bukanlah sesuatu yang haram dilakukan di zaman digital dewasa ini. Banyak orang, termasuk fotografer kawakan yang melakukannya karena berbagai alasan. Salah satu jenis pengeditan foto yang kerap dilakukan adalah merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih.

Banyak alasan untuk melakukan hal itu.

Bisa karena hal sederhana seperti karena sebagian besar foto sudah hitam putih dan hanya sebagian kecil bagian saja yang berwarna seperti foto di atas. Tentunya komposisi warna dalam foto menjadi kurang enak dilihat kalau bagian itu dibiarkan tetap ada.

Bisa juga karena ingin menampilkan kesan jadul atau kuno pada sebuah foto. Merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih memang bisa menjadi salah satu cara untuk menghadirkan nuansa zaman dahulu.

Mayoritas akan menggunakan banyak aplikasi dan softwaer yang bisa melakukan hal itu. Tidak terhitung bahkan. Tidak sedikit yang menyediakan berbagai “mode” untuk mempermudah pengguna.

Tetapi, bagi mereka yang bergelut dalam fotografi, merubah foto berwarna menjadi hitam putih terkadang perlu melakukan penyesuaian terhadap beberapa hal, seperti kontras, kedalaman warna ketajaman gambar, dan lain hal . Sayangnya aplikasi gratis sering tidak memiliki fitur itu.

Nah, ada satu software GRATIS, tidak berbayar sama sekali dan juga tanpa iklan, serta yang pasti mudah digunakan. Namanya Photoscape. Silakan kunjungi link ini untuk melihat dan juga menginstallnya.

Silakan install setelah mendownloadnya.

Bagaimana merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih dengan Photoscape?

Mudah. Setelah menginstall program tersebut, silakan ikuti langkah-langkah berikut

1) Jalankan Photoscape

Setelah ikon diklik, maka akan keluar tampilan seperti di bawah ini.

merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih dengan photoscape 06

2) Pilih menu EDITOR

Ada dua menu editor, yaitu EDITOR dan BATCH EDITOR. Yang pertama saat mengedit satu persatu dan yang medua untuk merubah beberapa foto sekaligus.

Biasanya saat merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih, kita melakukannya satu persatu karena proses pengeditan antara satu foto dengan yang lainnya berbeda. Tidak bisa disamaratakan.

Jadi, klik menu EDITOR saja. Layar berikut akan tampil seperti di bawah.

merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih dengan photoscape 01

3. Pilih foto yang akan diedit

Ada dua cara :

Pergunakan kolom disamping layar editor yang fungsinya seperti pencari image atau foto. Semua image akan ditampilkan disini.merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih dengan photoscape 03

Sayangnya kalau jumlah foto yang dimiliki sangat banyak, agak susah mencari foto yang dimaksud. Apalagi pada kolom image tersebut hanya terisi thumbnail.

Saya lebih suka memakai Windows Explorer untuk mencari foto yang akan diedit. Lalu tinggal “drag” atau tarik ke layar editor saja. Hasilnya sama dan lebih cepat.

4) Lakukan pengeditan

Setelah gambar tampil di layar editor, perhatikan ada 5 buah simbol seperti di bawah.

merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih dengan photoscape 05

Ke-5 buah simbol ini mewakili 5 jenis foto hitam putih yang bisa dihasilkan. Ada yang kekuningan dan ada yang benar-benar hitam putih. Silakan pilih sesuai selera.

5)  Save / Simpan

Setelah itu tekan SAVE untuk menyimpan.

merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih dengan photoscape 04

Selesai.

Itu saja proses merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih dengan Photoscape.

Tetapi, ada tetapinya. Biasanya saat melakukan editting seperti ini, terdapat banyak hal yang perlu dibenahi seperti kontras atau kedalaman warna. Juga ketajaman foto pun harus diperhatikan.

Cobalah

  • setelah foto masuk layar edit, coba pergunakan salah satu menu merubah BW yang tersedia
  • perhatikan apakah foto sudah sesuai ide yang diinginkan atau belum
  • kalau belum, pergunakan tombol UNDO untuk membatalkan perintah terdahulu (satu langkah)
  • kalau ingin mengulang dari awal, pergunakan UNDO ALL yang akan membatalkan semua pengeditan yang sudah dilakukan dan foto akan kembali ke awal
  • lakukan percobaan terus sampai foto dan nuansa yang dikehendaki didapat
  • baru tekan SAVE.

Tidak susah merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih dengan Photoscape. Hanya perlu membiasakan diri terhadap menunya.

Selamat berkreasi.

Gallery for Merubah Foto Berwarna Menjadi Foto Hitam Putih Dengan Photoscape

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya