Pengertian Live View Shooting – Memotret Melalui LCD Monitor Kamera

live view shooting - memotret melalui LCD Monitor

Live View Shooting atau Memotret Secara Live View adalah istilah yang mengacu pada cara memotret dimana sang pemotret tidak lagi membidik obyeknya melalui viewfinder atau jendela bidik. Sang fotografer tidak perlu lagi memicingkan mata dan melihat melalui kotak kaca kecil yang sudah memperlengkapi kamera selama berpuluh tahun.

Cara memotret seperti ini hadir bersamaan dengan tersedianya layar LCD pada kamera digital. Dengan tersedianya LCD monitor ini, pemotret hanya perlu mengarahkan kamera dan kemudian melihat obyek melalui layar yang lebih besar dibandingkan jendela bidik.

Hal ini menjadi semakin umum karena LCD monitor berukuran lebih lebar dibandingkan viewfinder. Dengan begitu seseorang tidak perlu bersusah payah melihat melalui lubang kecil di kamera.

Bahkan, beberapa produsen kamera telah menghadirkan kamera yang tidak lagi diperlengkapi dengan jendela bidik yang berarti hanya menyediakan sistem live view shooting bagi penggunanya. Hal ini disebabkan karena sudah menjadi kebiasaan mayoritas orang untuk menggunakan layar LCD saat memotret, bahkan ketika menggunakan kamera yang menyediakan view finder.

live view shooting - memotret melalui layar lcd kamera

Live View Shooting sendiri memang memberikan keuntungan bagi fotografer, yaitu :

  1. Lebih nyaman dilihat : prinsip lebih besar lebih baik berlaku untuk mata. Melihat melalui layar 3 inci pasti lebih nyaman dibandingkan mengintip melalui kotak kaca berukuran 1.5 centimeter
  2. Layar bisa menyajikan berbagai informasi yang membantu pemotret untuk mendapatkan foto yang lebih baik karena di layar LCD bisa disajikan lebih banyak data dibandingkan pada viewfinder (tentu kalau sang pemotret tahu cara menggunakannya)
  3. Memungkinkan untuk menghasilkan foto dari posisi yang sulit dilakukan kalau memakai viewfinder, contohnya memotret dengan kamera berada di pinggang atau perut. Hal ini sangat menguntungkan dalam fotografi jalanan ketika sang pemotret tidak mau terlihat oleh obyeknya

Kelemahannya ?

Bagi sebagian orang yang terbiasa dengan memotret melalui viewfinder, melakukan live view shooting rasanya tidak nyaman, seperti bukan memotret karena bagi banyak orang memotret adalah dengan mengintip lewat kotak kecil yang disebut jendela bidik. Tetapi, sebenarnya itu adalah masalah kebiasaan saja.

Hanya ada satu yang kurang nyaman dilakukan untuk melakukan live view shooting karena terkadang membutuhkan waktu agak lebih lama adalah ketika memotret obyek yang bergerak. Sulit mengikuti pergerakan obyek dengan kepala menunduk dibandingkan menempelkan mata ke kamera dan mengikuti pergerakan obyek.

Juga, yang pasti memotret memakai live view shooting lebih boros daya baterai dan artinya daya baterai akan lebih cepat habis dibandingkan memakai viewfinder. Maklum ukuran besar berarti pemakaian daya juga lebih besar.

Cara melakukan live view shooting atau memotret melalui layar LCD kamera berbeda setiap merk dan jenis kamera. Tetapi, biasanya sangat mudah dilakukan dan hanya perlu menekan satu tombol saja.

Pada kamera Canon Rebel T5i atau yang di Indonesia dikenal dengan nama Canon EOS 700D, yang perlu dilakukan hanya menekan tombol berlambang

yang terdapat di atas layar LCD.

pengertian live view shooting atau memotret via lcd monitor kamera

Tolong Bantu Dishare Siapa Tahu Ada Yang Membutuhkan

admin

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya