Mengenal POI atau Point Of Interest sebuah foto
Patung Pemain Seruling di Istana Bogor

Pengertian POI atau Point Of Interest Dalam Fotografi

540 views

Pengertian POI atau Point Of Interest dalam fotografi berkaitan dengan ide/titik/fokus utama yang ada pada sebuah foto. Sebuah foto tidak bedanya sebuah artikel akan memiliki sebuah fokus yang mewakili apa yang ingin disampaikan oleh sang fotografer lewat fotonya. Bisa dikata POI atau Point of Interest dalam sebuah foto adalah sebuah subyek utama dan tanpa kehadirannya maka foto tersebut tidak akan bermakna apa-apa.

Jika dibandingkan dalam sebuah artikel, seperti yang sedang dibaca ini, bisakah Anda menemukan inti atau ide utamanya? Pastinya bisa. Yap, betul sekali bahwa artikel ini adalah tentang POI. Bagaimana Anda menemukannya? Karena pada kalimat pertamanya sudah disebutkan tentang hal itu.

Peran sebuah POI atay Point Of Interest pun serupa dengan kalimat utama dalam sebuah artikel. Bedanya adalah POI berbentuk visual, wujud tentang sesuatu di dalam sebuah foto.

Perlukah Ada POI Dalam Sebuah Foto?

Untuk mempermudah penjelasan di atas, coba perhatikan dua buah foto di bawah ini. Manakah yang menjadi lebih menarik dan bisakah Anda menemukan POI dari kedua foto ini?

mengenal POI atau point of interest dalam fotografi 4

Pada foto sebelah kiri, tidak ada sesuatu yang “menarik” dan bisa membantu yang melihat apa yang ingin disampaikan oleh yang memotret (dan kebetulan memang saya buat untuk mengetes setting kamera saja).

Bandingkan dengan foto di sebelah kanan! Kira-kira mata Anda akan langsung mengarah kemana? Yap, betul sekali, KERETA BERWARNA MERAH.

Barulah setelah situ Anda akan meluangkan waktu untuk menelaah lebih lanjut foto itu. Mungkin setelah itu Anda akan mencari kereta apa itu, kemana mengarahnya, mengapa ada dua jalur? Dan seterusnya.

Foto yang kanan juga berkesan lebih menarik dan hidup dibandingkan foto sebelah kiri.

Itu adalah sebuah kegunaan memberikan sebuah POI dalam sebuah foto.

Haruskah Jumlah POI Hanya Satu Dalam Foto?

TIDAK.

Tergantung ide tentang apa yang ingin disampaikan oleh yang memotret. Tidak ada batasan pasti tentang hal ini. Semua akan diserahkan kepada keputusan yang memegang kamera.

Tetapi, jika memang ingin memasukkan lebih dari satu POI dalam sebuah foto, maka harus dipastikan keduanya bisa saling mendukung cerita dan tidak “bertabrakan”. Hal ini untuk memastikan bahwa siapapun yang melihat bisa dengan mudah menentukan ide utama foto tersebut.

Mengenal POI atau Point Of Interest sebuah foto 2

Cobalah mencari POI pada foto di atas? Anda tidak akan pernah karena yang memotret (saya sendiri) tidak menentukan satupun obyek yang menjadi POI pada foto di atas.

Bagaimana Meletakkan POI atau Point Of Interest Dalam Sebuah Foto?

Beberapa hal ini bisa membantu seorang pemotret (atau fotografer) untuk menaruh POI atau Point Of Interest dalam sebuah foto :

1. Tentukan dulu bagian menarik dari sebuah obyek : mau tidak mau, seorang pemotret harus menentukan dulu apa yang diharapkannya menjadi pengundang perhatian. Oleh karena itu mereka harus menentukan dulu bagian apa yang menarik dari obyek tersebut

2. Menerapkan Prinsip Kiss : sederhana itu indah. Berusaha membuat sebuah foto menjadi sederhana dengan satu obyek/subyek saja adalah salah satu cara ampuh untuk membuat sebuah POI menjadi menonjol sekali

3. Menggunakan Rule of Thirds : meletakkan bagian paling menarik dari sebuah obyek pada titik tertentu akan membantu mengarahkan mata yang melihat langsung ke ide utama foto, si POI atau Point Of Interest tersebut

4. Menghilangkan bagian yang tidak relevan atau mendukung obyek utama : jika memang latar belakang terlalu ramai dan cenderung justru mengganggu obyek utamanya, maka hilangkan saja dengan menggunakan bokeh (teknik memblurkan latar belakang) atau bisa juga menghitamkannya. Yang terpenting adalah agar obyek fotonya menjadi terfokus dan tidak ada pengalih perhatian

5. Mencari sudut pemotretan yang tepat : terkadang mungkin banyak orang heran mengapa para fotografer berjuang mencari sudut pemotretan hingga kesana kemari, tetapi salah satunya adalah untuk berusaha memisahkan obyek utama dan background atau latar belakang yang dianggap terlalu ramai dan mengganggu

foto mata kucing

Itulah pengertian tentang POI atau Point Of Interest dalam fotografi.

Semoga bermanfaat.

Gallery for Pengertian POI atau Point Of Interest Dalam Fotografi

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya