Foto Juga Bercerita - Banyaknya Tergantung Interpretasi Yang Melihat

Sebuah Foto Adalah Cerita – Banyaknya [Bisa] Sebanyak Orang Yang Melihat

61 views

Bolehlah Anda tertawa mendengar judul ini, Memang tidak mudah mengerti bahwa sebuah foto diadalah cerita.

Tetapi, pernahkah Anda membaca sebuah idiom dalam bahasa Inggris yang menyebutkan “A picture is worth a thousand words” – Sebuah gambar/foto sama dengan seribu kata.

Seribu kata adalah sebuah jumlah yang sangat banyak. Bahkan, kebanyakan tulisan di blog ini jumlah katanya di bawah 1000 buah. Jumlah sebanyak ini adalah rata-rata yang dipakai sebuah cerpen atau cerita pendek.

Dan, tentunya tidak mungkin seribu kata ditulis percuma kalau tidak untuk menyampaikan sesuatu. Seribu kata yang disusun dengan baik akan membentuk cerita atau dalam istilah keren, artikel.

Jadi, itulah makna dari idiom bahasa Inggris tersebut bahwa sebuah foto adalah cerita.

Sepakat?

Belum?

Baiklah. Tidak masalah.

Sekarang coba gambarkan kepada istri, pacar, anak, ibu, bapak, tetangga tentang keindahan alam di Bali, katakanlah Pantai kuta yang terkenal. Salah satu sudutnya saja. Cobalah lakukan secara singkat, padat, tetapi tepat untuk membuat mereka mengerti bahwa pantai tersebut sangat indah.

Kemudian catatlah berapa kata yang Anda perlukan untuk merangkum semua hal itu. Efektif kah? Dan bisakah membuat mereka memahami apa yang Anda lihat disana?

Kemudian bandingkan ketika Anda “mengatakannya” dengan sebuah foto seperti di bawah ini (memang diambil di Pantai Kuta Bali)

mengenal istilah raw dan keuntungan memotret dengan format raw 6

Nah, kira-kira manakah yang lebih efektif dalam menyampaikan hal yang dimaksud?

Sudah pasti foto di atas lebih mampu memberikan gambaran tentang keindahan di salah satu tempat tujuan favorit wisatawan di Pulau Dewata itu. Foto itu juga akan mampu memberikan penjelasan mengapa wisatawan mancanegara gemar berkunjung ke pulau di sebelah Timur pulau Jawa itu.

Kali ini sepakat kan kalau sebuah foto adalah cerita yang bisa mewakili seribu kata (bisa lebih) ? Itulah alasan mengapa idiom itu lahir.

sebuah foto adalah cerita banyaknya tergantung yang melihat

Judulnya mungkin masih mengusik karena disana terkandung arti bahwa sebuah foto bisa bermakna lebih dari satu cerita.

Begini.

Memang pada awalnya, sebuah foto hanyalah sebuah cerita yang lahir dari ide seorang fotografer, alias si pemotret. Hanya satu ide dan satu cerita saja. Itulah yang terekam dalam sebuah foto.

Meskipun demikian, seorang fotografer tidak boleh, dan ia tidak bisa membatasi interpretasi dari mereka-mereka yang melihatnya. Ia boleh memiliki sebuah cerita yang ingin disampaikan, tetapi ia tidak bisa mencegah lahirnya ide baru.

Fotografer juga tidak berhak melarang orang untuk menterjemahkan fotonya dalam sebuah cerita lain yang berbeda dengan ide dasarnya.

Fotografi adalah dunia yang demokratis.

Jadi, bisa jadi mereka yang melihat sebuah foto akan “membuat” ceritanya sendiri sesuai dengan sudut pandangnya dan apa yang ditangkapnya dari sebuah foto. Kemudian, si pelihat itupun boleh menceritakan kembali dalam berbagai versi dan gaya sesuai dengan kemauannya.

Tidak ada yang bisa mencegah.

Itulah mengapa dari sebuah foto, bisa lahir banyak cerita. Dan, itulah mengapa judul tulisan ini tidak membatasi bahwa sebuah foto selalu sama dengan “sebuah” cerita.

Gallery for Sebuah Foto Adalah Cerita – Banyaknya [Bisa] Sebanyak Orang Yang Melihat

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya