Suguhan Wajah-Wajah Unik ala Bruce Gilden – Ketika Kecantikan Bukan Segalanya

sUGUHAN WAJAH-WAJAH UNIK ALA BRUCE GILDEN
Screenshoot Tampilan di Website Bruce Gilden

Tidak cantik atau tampan, tetapi unik. Kata itu langsung terlintas saat memasuki website Bruce Gilden.

Tidak terlihat foto-foto wanita cantik dengan pakaian minim nan seronok dan menonjolkan keindahan tubuh modelnya. Yang ada hanyalah wajah-wajah orang-orang “tak dikenal” yang jauh dari kata ganteng atau cantik.

Meskipun demikian, siapapun harus mengakui bahwa wajah-wajah unik yang muncul di layar komputer sangat menarik dan memikat mata. Terlihat jelas ekspresi dan keunikannya.

Juga, website milik fotografer yang merupakan fotografer Magmum, sebuah organisasi fotografi ternama dunia, tidak menampilkan banyak teks. Yang ada adalah berbagai karya yang dibuat salah satu “street photographer” (fotografer jalanan) terkenal di dunia ini.

Memang, kalau membaca berbagai berita tentang fotografer yang satu ini akan menimbulkan kekaguman sendiri. Ia terkenal juga sebagai seorang yang kontroversial.

sUGUHAN WAJAH-WAJAH UNIK ALA BRUCE GILDEN 2
Screenshoot website Bruce Gilden

Kontroversial karena caranya memotret kerap dianggap mengganggu privasi orang lain. Ia sering memotret dari jarak hanya 1/2 meter saja dari obyeknya dan sering menggunakan flash dalam jarak sedekat itu. Hasilnya, banyak pro dan kontra akibat caranya memotret yang tidak biasa itu.

cara memotret yang kontroversial ala Bruce Gilden 2
Mr Bruce Gilen on Brick Lane – Kredit Foto Chris JL

Prinsip pria kelahiran tahun 1946 ini tercermin dalam kutipannya di website resmi Magnum Photo, yang berbunyi

I’m known for taking pictures very close, and the older I get, the closer I get”

Terjemahan : “Saya dikenal karena memotret (dari jarak) sangat dekat, dan semakin tua saya, semakin dekat saya (memotret)”.

Tidak sedikit orang yang akan merasa terganggu kalau dipotret dari jarak sedekat itu, apalagi dengan lampu kilat. (Walau kalau tahu yang memotret adalah fotografer seterkenal dia mungkin akan berbeda).

Itulah mengapa banyak foto-foto karyanya menampilkan emosi yang begitu kuat, karena kebanyakan dipotret dari jarak sangat dekat. Persis dengan apa yang dikatakan fotografer jalanan lainnya,

“If your photos aren’t good enough, you aren’t close enough”

(Terjemahan : Jika foto-fotomu kurang bagus, (berarti) kamu kurang dekat“)

Begitu juga dengan wajah-wajah unik di websitenya yang jelas mencerminkan seberapa dekat sang Bruce Gilden dengan si pemilik wajah.

Silakan berkunjung sendiri ke websitenya untuk melihat bahwa kecantikan bukanlah segalanya dalam fotografi.

Tolong Bantu Dishare Siapa Tahu Ada Yang Membutuhkan

admin

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya