Waktu Pemotretan Berbeda, Maka Hasilnya Berbeda Pula (2)

Waktu Pemotretan Berbeda, Hasilnya Akan Berbeda Pula

8 views

Mungkin banyak yang berpikir mengapa banyak fotografer kawakan sering menekankan tentang pentingnya waktu pemotretan dalam fotografi, terutama yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber cahaya.

Apa sih yang membuat mereka memberi saran seperti itu? Apa efeknya bagi sebuah foto?

Mungkin, dua buah foto di bawah ini bisa memberikan sebuah gambaran tentang pentingnya menentukan waktu pemotretan yang tepat sehingga hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Foto 1 :

Waktu Pemotretan Berbeda, Maka Hasilnya Berbeda Pula (1)

Waktu pemotretan di pagi hari antara pukul 07-08.00. Matahari belum lama terbit.

Foto 2 :

Waktu Pemotretan Berbeda, Maka Hasilnya Berbeda Pula (2)

Waktu pemotretan sore hari antara pukul 15-16.00. Matahari menjelang terbenam.

Bisa lihat bedanya?

Kamera yang dipergunakan sama. Obyek yang dijadikan sasaran juga sama.

Tetapi, hasilnya memberikan nuansa yang berbeda bukan? Foto 1 terlihat warna rumput menjadi kuning keemasan, sedangka n foto 2 hijau.

Yang pertama lebih cerah dan cenderung agak over-exposed, alias kelebihan cahaya, sementara yang kedua lebih soft dan natural. Tidak ada permainan edit pada kedua foto yang merubah tone atau warna. Editting hanya “darkening” saja.

Hal ini bisa terjadi karena sinar matahari di pagi hari cenderung lebih “keemasan” dibandingkan di sore hari dan itu tertangkap oleh sensor kamera. Sedangkan di sore hari, warnanya cenderung kebiruan. Meskipun demikian tentunya, ada banyak hal lain yang mempengaruhi, seperti suhu, cuaca, dan sebagainya.

Yang manapun, jika Anda pernah memotret di suatu waktu, entah sore hari atau pagi hari, kemudian ingin mengulanginya lagi, maka cara terbaik adalah melakukan di kisaran waktu yang sama. Jangan berharap hasilnya akan serupa, jika waktu pemotretan berbeda.

Hampir pasti hasilnya akan berbeda, pula. Kecuali, Anda seorang photoshoper dengan skill editting mumpuni.

Silakan coba sendiri jika tidak percaya.

Gallery for Waktu Pemotretan Berbeda, Hasilnya Akan Berbeda Pula