mengenal fotografi jurnalistik dan foto jurnalistik 2

Mengenal Fotografi Jurnalistik dan Foto Jurnalistik

22 views

Ternyata memang agak ruwet juga mencari definisi fotografi jurnalistik dan foto jurnalistik. Mayoritas menyamakan kedua istilah tersebut dan kerap memakainya secara bergantian.

Meskipun demikian, kalau melihat penjelasan dari banyak sumber sebenarnya ada perbedaan antara fotografi jurnalistik atau kerap disebut dengan jurnalisme foto dan foto jurnalistik. Keduanya memang saling berkaitan, tetapi tidak sama.

1) Definisi Fotografi Jurnalistik

Pada dasarnya dari semua definisi yang ada memiliki inti bahwa fotografi jurnalistik adalah sebuah proses penyampaian informasi / berita melalui media foto atau gambar.

Proses yang dimaksud termasuk mengumpulkan, mengolah, dan kemudian menyebarkan informasi tersebut kepada khalayak.

Fotograif jurnalistik kerap juga disebut dengan jurnalisme foto.

2) Definisi Foto Jurnalistik

Hasil karya dari fotografi jurnalistik. Bisa dikata merupakan bagian berbentuk materi (foto) yang merupakan hasil akhir dari sebuah kegiatan fotografi jurnalistik.

Artinya lebih sempit.

3) Ciri dari Foto dan Fotografi Jurnalistik

Fotografi jurnalistik akan menghasilkan sebuah karya yang memiliki paling tidak 3 ciri tersendiri.

Batasan Waktu

Biasanya fotografi jurnalistik akan menghasilkan karya dari perisitiwa-peristiwa atau event-event yang baru saja terjadi.

Prinsip bahwa informasi/berita harus disampaikan secepatnya kepada khalayak akan membuat sebuah karya yang diambil terlalu jauh dari saat diterbitkan akan kehilangan maknanya.

Obyektifitas

Sama seperti hasil karya tulis jurnalistik yang harus obyektif dan tidak memihak, pelaku fotogafi jurnalistik harus membuat karyanya “berimbang” dan benar-benar menggambarkan keseluruhan dari peristiwa yang sedang terjadi. Tidak boleh ada bias.

Narasi

Biasanya sebuah foto jurnalistik tidak akan hadir sendiri dan akan tetap dilengkapi dengan teks singkat yang disebut dengan caption (berada di bawah foto itu sendiri)

Teks ini akan memberitahuan apa,siapa, dimana, tentang apa,  foto tersebut dibuat.

4) Contoh Foto Jurnalistik

Contoh foto jurnalistik yang terbit di tahun 1936 di bawah ini menggambarkan pertemuan antara Fransisco Franco dan Emilio Zola, dua orang yang penting dalam sejarah Spanyol. Nama pertama akhirnya menjadi diktator di negeri Matador itu hingga meninggal.

contoh foto jurnalistik atau fotografi jurnalistik 2
sumber : wikimedia commons CC 0.0 / public domain

Contoh lain hasil karya fotografi jurnalistik bisa dilihat di koran, majalah, atau media online resmi karena pada dasarnya kegiatan fotografi jurnalistik lebih merupakan bagian dari jurnalisme.

5) Batasan Foto Jurnalistik

Berbeda dengan genre fotografi lainnya, yang sangat bebas karena mendekati “seni”, fotografi jurnalistik memiliki batasan kode etik jurnalistik yang sangat ketat, seperti :

  • Tidak ada pengeditan yang menghilangkan bagian-bagian dari dalam foto. Bahkan hal-hal kecil seperti menghilangkan jerawat atau cacat pada wajah seseorang merupakan hal yang tabu dilakukan dalam fotografi jurnalistik. Semua harus apa adanya
  • Menambah atau mengurangi hasil sebuah foto
  • Menggabungkan dua foto menjadi satu, seperti yang sering dilakukan dalam digital imaging.
  • Tidak boleh menggunakan model yang dibayar karena berarti peristiwa yang terjadi dibuat-buat dan bukan sebenarnya
  • Sang pemotret tidak boleh mengatur posisi obyek fotonya
  • Obyek foto tidak boleh menggunakan perlengkapan yang disediakan oleh fotografer

Intinya adalah foto jurnalistik adalah foto yang mencerminkan apa yang dilihat fotografer. Fotografer tidak boleh terlibat dalam bentuk apapun dengan obyeknya.

the migrant mother foto jurnalistik
The Migrant Mother karya Dorothea Lange yang menggambarkan suasana muram pada saat resesi di AS tahun 1929 – sumber wikimedia commons lisensi CC 0.0 atau Public Domain

6) Jenis Foto Jurnalistik

Ada banyak jenis foto jurnalistik, seperti :

  • Spot news (berita dadakan) : foto yang menggambarkan kejadian dan tanpa perencanaan sebelumnya, seperti foto tabrakan di jalan tol, bencana alam, dan lain sebagainya.
  • General News (berita umum) : karya foto yang menggambarkan kejadian atau peristiwa yang sudah direncanakan seperti kegiatan Pemilu, Sidang Umum MPR, dan lain sebagainya
  • Human Interest : silakan lihat di sini.
  • Portraiture (potret) : karya foto yang menampilkan wajah orang yang dianggap tokoh
  • Sport (Olahraga) : foto berisi berbagai momen dalam kegiatan olahraga
  • dan sebagainya

Melihat karakter, krteria dan ciri-cirinya, fotografi atau foto jurnalistik lebih dekat kepada jurnalisme dibandingkan dengan fotografi itu sendiri. Tetapi, meski demikian, karena tetap juga memakai kamera untuk melakukannya, maka fotografi jurnalistik tidak salah juga kalau dimasukkan dalam fotografi.

Lagipula, mengapa harus memperdebatkan definisi tentang hal seperti itu. Iya nggak sih?

Gallery for Mengenal Fotografi Jurnalistik dan Foto Jurnalistik