SOFTWARE GRATIS UNTUK MENGEDIT FOTO

3 Software Gratis Untuk Mengedit Foto / Image

29 views

Fotografi masa kini tidak bisa lepas dari sesuatu yang namanya mengedit foto. Hampir semua foto yang tayang di media sosial, website atau blog, pasti sudah mengalami proses yang kerap disebut dengan post-processing ini.

Walau namanya keren (karena memakai bahasa Inggris), intinya sama saja. Foto atau image yang keluar dari kamera kemudian masuk ke dalam dapur komputer dan kemudian mengalami, cropping, sharpening, penyesuain kontras, dan lain sebagainya.

Semua sudah menjadi bagian tak terpisahkan.

Oleh karena itu banyak sekali produsen software yang membuat software untuk mengedit foto . Sayangnya kebanyakan adalah berbayar, alias tidak gratis, contohnya adalah Adobe Lightroom atau Adobe Photoshop. Tidak murah juga untuk membeli versi resminya.

Lalu, bagaimana kalau memang kita ingin melakukan pengeditan foto tetapi kebetulan tidak punya uang untuk membelinya? Mudah saja kok, cukup banyak software gratis yang bisa dipergunakan.

Memang ada keterbatasan dibandingkan versi berbayar, tetapi jika hanya sekedar untuk merubah kontras, menajamkan, melakukan cropping, atau meluruskan horson, perangkat-perangkat lunak ini sudah lebih dari cukup. Bahkan, di tangan orang kreatif hasil fotonya bisa menjadi luar biasa.

Saya sendiri menggunakan 3 software gratis untuk mengedit foto.

  1. Picasa 3 : software keluaran Google ini memang sudah berhenti dikembangkan, tetapi masih bisa ditemukan di dunia maya. Banyak fungsinya yang bisa dipergunakan untuk melakukan olah digital, tetapi saya sering memakainya untuk membetulkan horison foto yang tidak lurus. Yang termudah diantara software-software lain dalam hal ini.
  2. GIMP 2 : paling komplit dari versi software gratis. Kemampuannya mengimbangi Photoshop, dan sama halnya juga membuatnya paling rumit untuk dipergunakan dan butuh waktu tersendiri untuk belajar dan menggunakan fitur-fiturnya. Tetapi, jika sudah paham, maka hasilnya tidak kalah dengan Photoshop
  3. Photoscape : tidak terlalu lengkap, tetapi tidak rumit pemakaiannya. Hanya butuh beberapa saat untuk mengerti menggunakannya. Berbagai fasilitas standar untuk mengedit foto atau image sudah ada dan hasilnya tidak mengecewakan.

Jika keperluannya tidak begitu membutuhkan software yang canggih dan sekedar untuk membuat lebih tajam atau cerah, ketiga software ini bahkan sudah lebih dari cukup. Juga, kita tidak perlu memakai software secara illegal karena ketiganya benar-benar gratis. Dan, enaknya tanpa iklan sama sekali.

Silakan cari di Google memakai kata kunci nama-nama di atas dan Anda akan menemukan banyak link ketiga software tersebut.

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya