Apa Itu EXIF DATA? Apa Gunanya? Bagaimana Cara Melihatnya?

Dalam fotografi, EXIF data adalah data digital yang biasanya tersemat pada sebuah foto atau image yang dihasilkan dari perangkat digital, seperti kamera digital atau scanner. Semua kamera digital termasuk, baik itu kamera ponsel/smartphone, Mirrorless, atau DSLR (Digital Single Lens Reflex) .

EXIF sendiri merupakan singkatan dari EXCHANGEABLE IMAGE FILE

Data digital ini akan berisi informasi, bukan hanya sekedar ukuran dan tanggal pembuatannya saja, tetapi banyak hal lainnya. Biasanya EXIF Data akan berisi juga, jenis kamera yang dipergunakan, jenis software edit foto. Tetapi, yang paling menarik dalam dunia fotografi adalah setting kamera, seperti aperture/diafragma, shutter speed, ISO, dan bahkan focal length yang dipakai untuk membuat foto tersebut.Percaya atau tidak, memakai flash atau lampu kilat atau tidak, data ini tersimpan juga.

Semuanya tercantum lengkap dalam EXIF Data.

Bentuknya kalau dilihat seperti di bawah ini.

APA ITU EXIF DATA DAN BAGAIMANA CARA MELIHATNYA b APA ITU EXIF DATA DAN BAGAIMANA CARA MELIHATNYA b

EXIF data ini berasal dari foto yang ada di atas. Disana terlihat waktu kapan foto itu diambil. Kemudian, data tersebut menjelaskan jenis perangkatnya, yaitu ASUS PADFONE. Masih ada lagi nama Picasa dan Photoscape yang menunjukkan kalau foto itu sudah diedit dengan kedua aplikasi pengedit image ini.

Itulah yang disebut EXIF Data. Ada banyak jenis file image yang memiliki data ini, seperti JPEG, GIF atau PNG. Foto dalam format RAW pun memiliki file data sejenis meski belum diedit.

Tantangan Berat Memotret di Tempat Yang Penuh Orang A

Apa Guna EXIF Data?

Pertanyaan yang bagus, kalau Anda mengajukannya. Bagaimanapun data itu baru bermanfaat kalau bisa dipergunakan untuk sebuah tujuan. Kalau tidak, ya tentu saja buang-buang waktu saja untuk mengetahuinya. Iya kan?

Tentunya tidak sembarangan file tersebut dibuat. Ada tujuan dan sebabnya. Yang diperlukan hanya sedikit waktu untuk membayangkan.

A) Waktu Pembuatan

Anda memotret banyak sekali setelah beberapa tahun dan menyimpannya ke dalam komputer. Lalu, tiba-tiba komputer tersebut harus diganti, berarti datanya harus dipindahkan. Sayangnya ketika dipindahkan, apalagi antar komputer seperti itu, bisa jadi tanggal pembuatannya akan berubah menyesuaikan dengan setting di komputer baru. Padahal, Anda mungkin ingin tanggal pembuatnnya tetap sama agar bisa mengingat kapan momen itu terjadi.

Bisa bayangkan kepusingannya. Tidak mungkin mengingat semuanya di kepala. Hal itu tidak akan terjadi karena cukup dengan melihat EXIF saja, maka Anda akan bisa menemukan waktunya. Foto di atas sudah dipindah setidaknya dari ponsel ke komputer, dan tanggalnya tetap sama.

B) Setting Kamera

Sering kita terkagum pada sebuah foto karena keindahannya, tekniknya, dan komposisi warnanya. Kemudian, kita ingin “meniru” dan “mencoba” untuk menghasilkan foto yang serupa.

Bagaimana memulainya? Bagaimana tahu harus menyetel kamera seperti apa supaya hasilnya sama?

Jawabannya terletak pada EXIF Data tadi. Disana ada sebuah data awal yang bisa dipergunakan untuk mencoba. Contohnya, untuk foto paling atas, besaran aperture disebutkan (f/2), ISO yang dipakai diketahui (100), Shutter Speed juga ada datanya.

Selebihnya hanya perlu mengatur kamera sendiri dengan meniru setting yang disebutkan pada foto tersebut. Dan, kita bisa mulai belajar meniru untuk mencoba mendapatkan hasil seperti foto yang kita kagumi itu.

C) Sudah Diedit Atau Belum

Di zaman sekarang kerap kali kita melihat foto seorang wanita cantik yang berparas mulus sekali dan kulit kuning langsat beredar di media sosial. Pokoknya seperti bidadari. Kemudian Anda tertarik untuk melakukan PDKT dan mengajaknya berkencan.

Nah, sebelum melangkah ke arah sana, ada baiknya, coba lihat dulu EXIF Data dari foto yang Anda lihat. Kok begitu? Ya karena setidaknya kita bisa mengetahui dulu apakah memang foto tersebut asli dan tanpa diedit, atau memang sudah melalui pengeditan agar terlihat seperti itu.

Data yang ada dalam EXIF akan menampilkan nama-nama software edit foto kalau foto tersebut sudah diutak-atik. Foto yang paling atas sudah diedit menggunakan Picasa dan Photoscape.

Setidaknya kan, kalau sudah mengetahui bahwa fisik wanita yang akan didekati tidak secantik fotonya, Anda tidak akan mengharapkan berkencan dengan bidadari.

Iya kan?

Itu hanya beberapa contoh dari apa kegunaan EXIF Data pada sebuah foto atau image. Masih banyak lagi manfaatnya, seperti copyright/hak cipta dan lainnya.

Jadi, data-data digital itu memang ada gunanya. Bisa dikata data ini merupakan impian para fotografer di zaman dulu yang kerap mencatat waktu pemotretan, setting kamera, dan berbagai data lain pada notes/kertas supaya mereka tidak lupa.

Semakin Besar Megapixel Kualitas Foto Semakin Baik

Bagaimana Cara Melihat EXIF Data Pada Foto Atau Image?

Ada banyak cara dan aplikasi yang bisa membuka EXIF DATA, tergantung pada perangkat atau gadget yang dipakai.

Windows Explorer

Jika file tersimpan di komputer dengan sistem operasi Windows, tidak perlu menginstall software apa-apa. Windows Eplorer bisa melakukan hal itu.

Cukup lakukan langkah ini.

  • Sorot foto atau image
  • Klik Kanan sampai keluar menu
  • Pilih Properties
  • Pilih Tab Details
  • Hasilnya akan seperti di bawah

Cara Melihat EXIF Data dengan Windows Explorer A

Add-Ons (Chrome/Firefox)

Kalau foto atau image yang ingin kita ketahui EXIF Datanya ada di dalam sebuah website, ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan menambahkan add-in EXIF VIEWER pada browser yang digunakan. Untuk itu Anda perlu menginstal dulu add-on/extension ini dari masing-masing browser.

Setelah itu, barulah data digitalnya akan terbuka dan terlihat.

Android (Smartphone/Gadget)

Cukup pergi ke Playstore dan kemudian unduh aplikasi EXIF Viewer (akan muncul banyak nama, pilih saja salah satunya). Lalu, data EXIF akan terlihat.

EXIF Data Bisa Hilang /Diubah

Yah, kenyataannya, EXIF Data sendiri bisa hilang atau diubah. Bahkan, bisa juga ditransfer. Banyak alasan untuk melakukan itu, seperti agar foto tidak bisa ditiru, atau kalau pemotretnya terlalu pemalu dan tidak mau data pribadinya diketahui orang lain, maka ada saja yang menghilangkan data digital tersebut.  Tidak semua data bisa dihilangkan karena ada beberapa bagian yang akan tetap tampil.

Jadi, kalau Anda menemukan image yang ternyata EXIF datanya kosong, ada banyak kemungkinan.

  1. File tersebut sudah dicopy dan berpindah perangkat berulangkali
  2. File tersebut sudah diedit besar-besaran (Itulah alasan kenapa para juri lomba foto kerap menekankan agar foto yang dikirim tetap memiliki EXIF Data)
  3. File tersebut bukan foto tetapi digital image yang berasal dari penggabungan beberapa foto
  4. Yang punya foto sudah menghilangkan datanya

Ada banyak aplikasi untuk menghilangkannya, atau kalau mau coba silakan pakai Windows Explorer. Silakan lihat screenshoot dari image di atas. Di bagian bawah tertulis “Remove Properties and Personal Information”. Kemudian ikuti saja langkahnya untuk menghilangkan sebagian besar data EXIF.

Itulah hal-hal yang terkait dengan EXIF Data atau Metadata pada sebuah foto.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat.