layar vari-angle atau Vari-Angle LCD Monitor

Apa Itu Layar Vari-Angle atau Vari-Angle LCD Monitor Pada Kamera Digital?

115 views

Istilah Layar Vari-Angle mengacu pada layar monitor pada kamera digital yang dapat diputar ke berbagai arah hingga 360 derajat dari kedudukannya semula. Istilah resminya dalam Bahasa Inggris disebut dengan Vari-Angle LCD Monitor.

Fitur ini biasanya ada pada kamera prosumer, DSLR (Digital Single Lens Reflex), dan Mirrorless. Tetapi, tidak semua kamera digital memiliki fitur ini. Biasanya layar vari-angle adalah fitur yang ada pada kamera digital kelas “menengah” dan “atas”. seperti contoh Canon 700D atau Nikon D5200.

Pada kamera kelas pemula, biasanya layar monitor yang ada bersifat “fixed” atau tetap dan tidak bias berubah arah. Ada juga yang diperlengkapi dengan layar “tilt” atau hanya bisa dikeluarkan dari dudukannya dan diputar 90 derajat saja.

Keuntungan Memiliki Fitur Layar Vari-Angle

Sesuai dengan namanya yang berakhiran dengan kata “angle” atau sudut, keuntungan yang ada pada kamera dengan Vari-angle LCD monitor adalah dalam hal sudut pengambilan gambar atau foto.

Sebagai contoh foto di bawah ini :

layar vari angle atau vari angle lcd monitor

Sudut pengambilan foto di atas menggunakan versi “frog eye level” atau saya sebut “mata kodok”. Tanpa adanya fitur layar vari-angle di kamera, maka sang fotografer harus mau mengorbankan diri untuk mengambil posisi tiarap atau tengkurap di permukaan Tanah.

Tidak masalah sebenarnya karena fotografer tidak boleh takut kotor, tetapi tentunya tidak nyaman sekali kalau kebetulan permukaannya basah atau becek setelah terkena siraman air hujan, seperti foto di atas.

Nah, dengan layar vari-angle, sang fotografer hanya perlu meletakkan kamera sedekat mungkin dengan Tanah dan mengubah arah lavar monitornya menghadap ke atas, dan mengaktifkan mode liveview . Dengan begitu ia masih akan tetap bisa mengontrol dan mengatur komposisi tanpa harus membuat basah pakaiannya.

Masih banyak sudut pemotretan lain, yang sulit bisa dipakai dengan adanya layar monitor yang bisa berputar ini.

Fotografer tidak boleh takut kotor

Bagi penggemar selfie pun, layar vari-angle ini jelas sangat dibutuhkan. Cukup dengan memutar monitor 180 derajatt hingga menghadap ke depan, kita bisa memotret diri sendiri.

Kelemahan?

Yah. NO FREE LUNCH. Tidak ada yang gratis di dunia ini. Semua ada konsekuensi-nya. Sebuah kamera yang memiliki Vari-angle LCD Monitor akan dibanderol lebih tinggi dari yang hanya diperlengkapi fixed lcd monitor. Selisihnya lumayan juga.

Tetapi, kalau mengingat kemudahan dan manfaat yang disediakan olehnya, rasanya biaya tambahan tersebut cukup pantas dan sesuai.

Gallery for Apa Itu Layar Vari-Angle atau Vari-Angle LCD Monitor Pada Kamera Digital?

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya