Definisi Fotografi

Berbagai Definisi Fotografi (Ternyata Banyak Juga)

51 views

Tidak penting sebenarnya mengetahui tentang definisi fotografi. Lebih penting mencoba memahami kamera dan belajar tehnik tentang bagaimana mengambil foto dengan baik.

Tetapi, setelah dipikir-pikir, tidak ada salahnya juga mengetahui bagaimana orang memandang fotografi. Apakah sebagai sebuah seni? Apakah sebagai sebuah ilmu? ataukah ada yang lainnya.

Coba kita lihat sedikit bagaimana kata fotografi didefinisikan oleh beberapa pihak.

Definisi Fotografi

Menurut Merriam Webster

Merriam Webster yang dirujuk bukanlah nama seorang wanita. Nama ini juga dikenal sebagai salah satu kamus terpercaya untuk bahasa Inggris.

Menurut MW versi online, fotografi adalah :

the art or process of producing images by the action of radiant energy and especially light on a sensitive surface (as film or an optical sensor)

Terjemahannya :

Sebuah seni atau proses untuk memproduksi gambar dengan tindakan memanfaatkan energi radian dan terutama cahaya di atas permukaan yang sensitif (seperti film atau sensor optik)

Wikipedia (Bahasa Inggris)

Situs open source yang sangat terkenal ini memberikan definisi fotografi sebagai berikut :

Photography is the science, art, application and practice of creating durable images by recording light or other electromagnetic radiation, either electronically by means of an image sensor, or chemically by means of a light-sensitive material such as photographic film

Terjemahan :

Fotografi adalah ilmu, seni, aplikasi, dan penerapan pembuatan gambar yang tahan lama dengan merekam cahaya atau radiasi elektromagnetik dengan alat seperti sensor gambar, secara kimia dengan menggunakan material yang sensitif cahaya seperti film

Menurut para penggemar fotografi biasanya semua penjelasan yang rumit ini disingkat dengan menjadi seni melukis dengan cahaya.

Hal ini lebih sederhana dan tidak memusingkan. Meskipun kalau dilihat sudut pandang para penggemar fotografi lebih mengatakan kegiatan ini sebagai sebuah seni dibandingkan ilmu atau sains.

Tidak salah sebenarnya karena asal kata fotografi itu sendiri berasal dari kata photography, dalam bahasa Inggris.

Kata photography sendiri merupakan serapan dari bahasa Yunani, yang sebenarnya terbentuk dari dua kata, photos dan grafos.

Photos berarti cahaya dan Grafos berarti melukis. Jadi, bila diterjemahkan maka artinya pun memang melukis dengan media cahaya.

Itulah sekedar pembuka dari Blog Fotografi ini. Kalau Anda punya versi lain dan sudut pandang lain tentang bagaimana fotografi harus didefinisikan, silakan kemukakan.

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya