Foto Sempurna : Butuh 6 Tahun, 4,200 Jam, dan 72 Ribu Kali Mencoba

(Sumber Foto : The Heraldscotland.com)

Sempurna memang hanya milik Tuhan. Meskipun demikian, manusia pun punya ukuran sendiri tentang bagaimana sesuatu yang “sempurna” versi mereka. Dan, foto karya Alan MacFadyen ini kalau menurut dunia fotografi, rasanya pantas dikatakan sebagai foto sempurna.

Ketepatan. Komposisi. Keindahan. Semua tergabung di dalam foto seekor burung kingfisher yang sedang menukik untuk menangkap ikan. Bayangkan saja karena seekor kingfisher akan menukik sangat cepat ketika akan memangsa ikan di danau.

Siapapun pasti akan merasakan hal tersebut.

Dan, untuk mendapatkan “kesempurnaan” ala Pak MacFayden ini ternyata tidak mudah. Pria pecinta alam, yang juga menjalankan bisnis wisata alam liar ini, ternyata membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk mendapatkannya.

Secara total pria asal Scotlandia , yang terkagum-kagum pada Kingfisher dari kakeknya ini, memerlukan waktu

  • 6 tahun
  • 4.200 jam
  • 72 ribu kali jepretan

Setiap tahun rata-rata pria ini menghabiskan waktu 100 hari di danau yang sama. Bahkan, ia menggali lubang untuknya mengamati perilaku burung-burung pemakan ikan itu.

Dalam sekali sesi pengintaian dan pemotretan, biasanya ia menekan shutter release kameranya hampir 600 kali. Dan, seringkali, ia tidak menemukan satu fotopun yang menurutnya bagus/istimewa.

Kesabaran dan ketekunannya lah yang berakhir pada satu foto “sempurna” seperti ini.

Perlu ditiru kan?