Garis Horizon Lurus

Garis Horizon Lurus Pada Foto : Foto Miring Tidak Enak Dilihat

106 views

Sebuah kesalahan kecil, dan umum pada saat memotret adalah tentang garis horizon yang tidak lurus.  Kesalahan yang bukan hanya dilakukan oleh para pemula tetapi juga terjadi pada kalangan yang sudah berlaberl “pro”.

Manusiawi sebenarnya. Semangat dan gairah saat melihat sebuah obyek menarik terkadang bisa membuat siapapun melupakan hal-hal kecil seperti apakah sebuah garis horizon lurus atau tidak.

Tetapi, kesalahan kecil ini dalam sebuah foto bisa menjadi sangat fatal. Sebuah obyek menarik dan indah  sering terbuang percuma ketika kesalahan ini terjadi.

Coba saja lihat foto matahari terbit di atas. Menurut Anda, apakah enak untuk diliha ketika lautnya seperti miring ke kanan seakan mau tumpah? Yah kemungkinan besar tidak.  Lautnya seperti mau tumpah.

Apa itu Garis Horizon ?

Istilah garis horizon dalam seni adalah titik terjauh yang bisa dicapai oleh mata saat memandang. Sering juga disebut garis pertemuan antara langit dan bumi/daratan.

Garis ini biasanya terlihat ketika berada di luar ruangan dan semakin jelas terlihat di area yang terbuka.

Silakan lihat foto di bawah ini

Garis Horizon harus lurus foto miring tidak enak dilihat

Mengapa Garis Horizon penting dalam sebuah foto?

Sebuah foto adalah wakil dari mata manusia. Sebuah foto diciptakan untuk manusia juga.

Oleh karena itu, agar sebuah foto menjadi realistis di mata yang melihat (yang tentunya juga manusia), maka ia harus memiliki unsur-unsur yang umum yang biasa dilihat oleh mata manusia.

Seperti contoh pada foto pertama di artikel ini, sebuah laut yang miring bukanlah sesuatu yang lazim di mata manusia. Lautnya menjadi seperti tumpah.

Lagipula, sebuah komposisi foto juga harus seimbang dalam banyak hal. Sementara sebuah garis horizon yang tidak lurus akan menyebabkan fotonya tidak seimbang, miring.

Itulah mengapa garis horizontal lurus harus selalu diusahakan oleh setiap fotografer. Abai pada hal kecil seperti ini bisa membuat sesuatu yang indah menjadi terbuang percuma.

Penyebab Garis Horizon tidak lurus, Foto Miring

Manusiawi.

Amat sangat.  Fotografer tetaplah manusia.

Seringkali foto miring dihasilkan karena :

  1. Terlalu fokus dan bersemangat untuk segera mengabadikan obyek menarik di hadapannya sehingga mengabaikan garis-garis horisontal dalam fotonya
  2. Tangan bergerak secara tidak sengaja saat memotret
  3. Tidak tahu, biasanya terjadi pada masyarakat awam yang tidak mengetahui peran penting garis ini

Bukankah sangat manusiawi?

Cara Mencegah Foto Miring / Garis Horizon Tidak Lurus

Intinya adalah menghindarkan terjadi gerakan sengaja atau tidak sengaja saat memotret dan mengetahui apakah garis-garis horisontal itu tidak miring.

  1. Langkah awal : pergunakan garis-garis bantu yang biasa ada pada kamera digital masa kini, Grid View. Garis bantu yang sama seperti yang dipakai pada prinsip Rule of Thirds. Dalam beberapa kamera selain Grid View ada lagi garis bantu yang dikhususkan untuk melihat apakah kedudukan kamera sudah berada pada posisi yang tepat dan garis horizon sudah lurus.
  2. Memakai tripod, atau si kaki tiga. Alat tambahan ini akan menghindarkan kamera bergerak saat lensa terbuka dan merekam gambar.
  3. Kalau kesemua itu tidak ada, fotografer bisa melihat garis-garis yang terbentuk oleh bangunan dan menjadikannya sebagai panduan untuk menilai situasi.  Lihat foto di bawah (dipotret menggunakan smartphone Xperia M tanpa menggunakan garis bantu)
Memotret dengan smartphone
Istana Bogor – dipotret dengan Xperia M

Bagaimana Mengoreksi Garis Horizon Tidak Lurus/ Foto Miring?

Sayangnya, terkadang kita mengetahui bahwa garis horizon sebuah foto tidak lurus alias foto miring setelah semua terjadi. Susahnya lagi, ketika ingin mengulang momen menarik yang sama sudah terlewat.

Jengkel? Sudah pasti. Kesal? Jelas.

Lalu, apa yang dilakukan? Delete saja fotonya? Toh dalam zaman digital seperti sekarang ini, fotografi bukanlah hal yang mahal. Tidak seperti zaman dulu yang harus dicetak sebelum bisa melihat hasilnya.

Saran saya,  JANGAN!

Ada banyak software untuk mengoreksi foto miring seperti itu. Salah satunya adalah Picasa 3.9. Kalau Anda mau silakan download di sini. Gratis kok.

Photo software editting ini dikembangkan oleh Google, tetapi karena, entah, alasan tertentu pengembangannya dihentikan oleh sang raksasa mesin pencari itu. Tetapi, diantara beberapa yang pernah saya coba, Picasa yang paling mudah digunakan.

Silakan ikuti langkahnya

  • Download dan install Picasa ke komputer
  • Jalankan program
  • Pilih foto yang akan dikoreksi. Tampilannya akan seperti ini

Garis Horizon Lurus

  • Pilih Menu “Straighten” seperti yang diberi tanda panah
  • Tampilannya akan menjadi seperti di bawah ini

Garis Horizon Miring

  • Timbul banyak garis bantu untuk mempermudah melihat lurus tidaknya garis horizon
  • Ada sebuah tombol slider yang bisa digeser ke kanan dan ke kiri, pergunakan untuk melakukan koreksi garis horison. Gambar akan menyesuaikan pada saat tombol bergeser
  • Setelah selesai, klik tombol apply
  • Pergi ke menu “File” dan simpan hasil edit dengan menggunakan “Save As” agar file asli tetap tersimpan
  • Selesai

Hasilnya seperti ini

Garis Horizon Lurus

Lebih enak dilihat kan?

Memang cara yang terbaik untuk menghindarkan foto miring adalah dengan memperhatikan apakah garis horizon lurus atau tidak saat memotret. Tetapi, kalau sudah terjadi, daripada terbuang percuma, Picasa 3.9 bisa membantu untuk menghilangkan kekesalan.

Gallery for Garis Horizon Lurus Pada Foto : Foto Miring Tidak Enak Dilihat