berapa harga foto karya henri cartier bresson
Henri Cartier Bresson : Wikimedia Commons

[Jangan Kaget] Berapa Harga Sebuah Karya Foto? Coba Lihat Harga Foto Karya Henri Cartier Bresson Ini!

76 views

Berapa nilai atau harga dari sebuah karya foto? Sulit menjawabnya. Sebuah foto bisa dipandang beragam dan dari berbagai sudut.

Jika dipandang dari segi seni, maka harganya bisa tidak ternilai. Priceless. Apalagi kalau dilihat dari sisi historis, maka menjadi sebuah tugas yang sulit untuk menetapkan harga yang layak atau pantas bagi sbeuah karya foto.

Meskipun demikian, dalam dunia kapitalis seperti sekarang, prinsipĀ  “semua ada harganya” menyebabkan tidak ada sesuatu yang tidak bisa dilabeli dengan Rupiah atau Dollar, atau mata uang lainnya. Semua pasti memiliki harga.

Di beberapa penjual foto online, hal ini bisa dilihat. Ada yang menaruh US$ 5 per foto, ada yang memajang US$ 30, bahkan ada yang memasang harga paketan US$ 50 untuk puluhan foto. Harga bervariasi tergantung pada pembeli, tujuan pemakaian, keunikan, dan banyak hal lainnya.

Serendah itu? Tidak semua.

Percayalah.

Tidak berbeda dengan barang lain, harga sebuah foto pun terbagi menjadi banyak kategori. Ada yang kelas recehan dan ada yang kelas kakap.

Silakan lihat harga foto karya Henri Cartier Bresson di bawah ini. Foto yang diberi tanda “Henri Matisse, Vence, France, 1944” ini bisa membuat mata terbelalak saking kagetnya. Foto hitam putih buatan pria Perancis yang merupakan pelopor genre fotogafi jalanan (street photography) ini memiliki harga yang mengagumkan.

Perhatikan screenshot dari sebuah laman Artsy.net. Sebuah website yang mengumpulkan berbagai karya foto dari fotografer terkenal dunia dan memiliki halaman khusus untuk Henri Cartier Bresson.

Website ini juga menyediakan galeri foto, dan bekerja sama dengan berbagai museum dan juga galeri foto di Amerika Serikat. Website ini juga menyediakan ruang untuk berbagai galeri menawarkan karya foto dan melakukan pelelangan.

Perhatikan bagian yang diberi kotak merah. [Jangan Kaget]

berapa harga foto karya henri cartier bresson 2

Silakan terkejut.

Selembar foto cetakan (bukan digital) yang ada tanda tangan pria yang juga pemrakarsa Magnum Photos, kerjasama internasional dalam bidang fotografi ini, dihargai dengan harga yang fantastis US$ 15.000 -20.000. Angka ini sama dengan Rp. 195-260 juta saja! Yang menawarkan adalah Holden Lunzt Gallery, sebuah galeri seni berlokasi di Palm Beach. Amerika Serikat.

Hanya selembar foto.

Tentunya harus dimaklum mengingat Henri Cartier Bresson adalah salah satu fotografer terkemuka di dunia. Karya-karyanya menginspirasi jutaan orang. Nilainya bukan hanya sekedar biaya cuci cetak saja.

Bisa dikata harga foto karya Henri Cartier Bresson ini adalah harga sebuah karya seni bersejarah dari orang terkenal di dunia. Tentunya, harganya tidak akan sama dengan harga foto yang ditawarkan di Shutterstock.

Bikin Anda ingin mengambil kamera dan mulai memotret bukan?

Gallery for [Jangan Kaget] Berapa Harga Sebuah Karya Foto? Coba Lihat Harga Foto Karya Henri Cartier Bresson Ini!

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya