Jangan Lupa Buat Backup Foto Anda! Penting!

Belajar teknik fotografi itu penting. Mengerti dan memahami tentang istilah-istilah dunia fotografi juga tidak boleh diabaikan. Berlatih memotret untuk mempertajam skill juga tidak boleh dilupakan.

Tetapi, ada satu lagi yang juga tidak boleh dilupakan, yaitu membuat backup foto Anda.

Sangat penting.

Apalagi kalau Anda memotret dengan bayaran atau berniat untuk menjadi fotografer terkenal, membuat cadangan foto yang dihasilkan harus dan merupakan sesuatu yang harus dilakukan.

Bagaimanapun, dunia penuh dengan ketidakpastian dan “kecelakaan”. Seringkali hal itu terjadi dan dialami dalam kehidupan sehari-hari. Hardisk yang corrupt dan tiba-tiba tidak bisa dibaca. Maling masuk dan menggondol komputer tempat menyimpan foto. Bahkan sampai notebook yang tersiram air. Semuanya bisa menyebabkan ribuan jam kerja terbuang dengan percuma.

Yang paling bodoh dan kerap dilakukan tanpa sengaja dalam hal foto adalah mengedit langsung pada file master dan kemudian menyimpannya dengan nama yang sama dan di folder yang sama juga. Hasilnya, tidak ada lagi foto asli saat keluar kamera.

Efeknya bisa beragam. Dari sekedar rasa kesal dan bete selama beberapa hari hingga klien yang tak berhenti marah dan menelpon karena foto pesanannya tak kunjung datang. Uang pun bisa melayang dan sebaliknya kerugian datang.

Ketiadaan backup foto bisa merubah sesuatu yang menyenangkan menjadi menyebalkan.

Jangan Lupa Buat Backup Foto Anda B

Dan, saya pernah mengalaminya.

Semua foto yang pernah saya buat, sejak menekuni fotografi digital, tersimpan dalam sebuah notebook Toshiba. Memang, sudah dibuatkan cadangannya, tetapi tempatnya di komputer yang sama. Bodoh memang.

Suatu saat, tiba-tiba si Toshiba ngadat dan blue screen tampil di layar. Rupanya hard disknya bermasalah berat. Berbagai usaha dilakukan, dan sebagian data, termasuk foto yang tersimpan disana bisa diselamatkan. Sayangnya ratusan lainnya, tewas bersama dengan sang laptop yang tidak tertolong dan tutup usia.

Memang bukan foto-foto masterpiece dari seorang fotografer kawakan nan terkenal. Hanya foto-foto hasil belajar dan hunting di kota Bogor saja.

Tidak bernilai besar secara rupiah. Tetapi, bagi saya, seorang blogger, yang mengelola blog bernama Lovely Bogor, hasilnya lumayan parah juga. Banyak artikel yang sedianya akan ditulis terpaksa tidak jadi ditulis karena fotonya hilang.

Bete berat.

Tapi, apa mau dikata. Hard disknya benar-benar tidak tertolong dengan software apapun.

Jangan Lupa Buat Backup Foto Anda C

Kejadian itulah yang memberi pelajaran tak terlupakan bahwa membuat backup foto itu juga penting. Di zaman serba digital di masa sekarang, resiko kehilangan juga semakin besar. Peralatan elektronik, seperti komputer, flash disc, atau yang lain rentan rusak. Ditambah lagi dengan fakta bahwa benda-benda seperti ini relatif memiliki masa pakai yang pendek. Semakin tua umurnya, semakin besar resiko menjadi rusak dan tak terpakai.

Oleh karena itu, sebelum usia pakainya habis, cadangan haruslah ada, sebagai tindakan berjaga-jaga.

Ada beberapa tempat dimana cadangan foto saya disimpan :

  1. di komputer yang sama : dalam folder terpisah, tetap ada backup foto yang bisa dipergunakan kalau-kalau terjadi pengeditan yang salah. Jadi, bisa segera diambil gantinya dari tempat terdekat
  2. Google Drive : Lumayan besar space yang ada 15 Gigabyte untuk foto ber-resolusi tinggi. Biasanya dipergunakan untuk foto-foto yang dianggap “paling bagus” (menurut ukuran saya)
  3. Hard Disc External : semua file foto dimasukkan ke dalamnya

Sebenarnya tidak menjamin juga bahwa pasti tidak akan terjadi kehilangan foto. tetapi, setidaknya sebagai manusia, semua usaha terbaik sudah dilakukan untuk mencegahnya. Keputusan tetap di tangan Yang Maha Kuasa, yang kalau sudah berkata “hilang”, ya hilanglah semuanya.

Jika itu sudah terjadi, ya pasrah saja.

Jadi, untuk mencegah rasa bete itu timbul, seorang fotografer pun sepertinya harus menjadi seorang ahli arsip yang baik. Dan, ahli arsip yang baik adalah selalu membuat backup untuk apapun.

Jangan lupa ya, Kawan!