membangun kebiasaan untuk menjadi fotografer yang lebih baik

3 Kebiasaan Ini Akan Membantu Menghasilkan Foto Yang Baik

64 views

Ketika Anda belajar fotografi, nampaknya wajar untuk memusatkan perhatian pada peralatan (kamera) dan teknik yang Anda gunakan untuk menghasilkan foto.

Anda mungkin telah menerima dan membaca banyak tulisan berisi saran tentang mengembangkan kebiasaan baik seperti memotret setiap hari, membawa kamera Anda ke mana pun Anda pergi, mencoba komposisi yang berbeda, keterampilan mengedit foto, dan membuat cadangan foto Anda.

Hal-hal ini penting, sangat penting dan tidak perlu diragukan lagi!

Tetapi ada banyak hal lain yang juga berperan penting dalam membuat seseorang menjadi fotografer yang lebih baik dari itu.

Mendapatkan hasil foto yang baik ternyata lebih dari hanya bagaimana menyetting kamera, mengatur white balance, atau menggunakan lensa yang tepat saja. Masih ada beberapa hal lain yang dapat membantu seorang fotografer untuk menghasilkan foto yang baik dan menarik.

Cobalah lakukan beberapa hal di bawah ini.

#1 Riset Lokasi

Sebelum memulai pemotretan, melakukan sedikit riset bisa menunjang untuk membuat foto yang lebih baik.

Pertama, pikirkan tentang sesuatu yang berpotensi menjadi subyek foto yang menarik.

Kedua, tentukan apakah “sesuatu” itu akan sesuai dengan tujuan Anda menghasilkan foto tersebut. Apakah untuk mengikuti lomba foto (sudahkah sesuai dengan tema yang diberikan penyelenggara)? Ataukah sekedar untuk bersenang-senang dan mendapatkan banyak “Like” di Facebook.

Begitu Anda menemukan dan melihat sendiri tentang apa yang ada di sana, berpikirlah. Pikirkan bagaimana Anda bisa menciptakan gambar yang “berbeda” dari apa yang biasa orang lain buat?

Apakah ada perspektif berbeda yang ingin Anda coba? Apakah lebih cocok dipotret siang atau malam hari? Jangan lupa perhatikan arah sumber cahaya. Bayangkan bagaimana jadinya pada waktu yang berbeda. Kembangkan imajinasi Anda.

#2 Perhatikan Cuaca


membangun kebiasaan untuk menjadi fotografer yang lebih baik 2

Perhatikan cuaca. Bukan berarti agar Anda bisa bersiap-siap untuk kabur saat cuaca tidak mendukung, tetapi mungkin cuaca justru bisa menyediakan unsur dramatis bagi sebuah foto.

Seperti hujan misalnya. Pada foto di atas, saya (dan model) tidak kabur saat hujan deras turun di Kebun Raya Bogor, justru kami bersama-sama sepakat untuk mencoba memanfaatkan rintik air hujan untuk bisa menghasilkan foto terkesan dramatis.

Ternyata juga hujan memberi berkah tambahan, bahwa tempat memotret yang biasanya ramai (menyulitkan untuk mendapatkan background yang “sepi”), menjadi bersih.

Tetapi, jangan dilupakan keselamatan selalu yang paling utama. Kalau petir rasanya sudah terlalu berbahaya bagi kita, lebih baik segera menyingkir dan berteduh. Bagaimanapun tidak ada foto yang bagus jika fotografernya celaka.

#3 Bawa Perlengkapan Sesedikit Mungkin

Memang menggoda sekali untuk bisa membawa 3-4 lensa saat memotret. Satu wide-angle lens untuk pemandangan, satu lensa prime 50 mm/f1.8 untuk bokeh, satu lensa zoom 55-250 mm dan satu lensa kit.

Yah, namanya manusia inginnya semua kebutuhan terpenuhi.

Kenyataannya berkeliling di jalanan “berburu” obyek tidaklah menyenangkan dengan sebegitu banyak perlengkapan. Belum lagi, kalau harus ditambah dengan botol minuman, jaket dan sebagainya. Hasilnya membuat seperti mau camping.

Jeleknya, ternyata berat juga membawa begitu banyak perlengkapan. Perhatian justru terpecah karena harus mengurus dan menjaga berbagai peralatan yang dibawa.

Yang pasti, jelas membuat daya tahan dan daya jangkau menurun. Pegal juga membawa semua perlengkapan itu. Kalau sudah begitu maka konsentrasi pun akan turun juga.

Bawa perlengkapan yang benar-benar perlu. Lensa tidak perlu membawa terlalu banyak, sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupakan air minum, jaket, jas hujan, atau perlengkapan standar untuk memastikan sang fotografer dan kameranya juga terjaga dan merasa nyaman.

Itulah tiga kebiasaan (yang tidak berkaitan dengan kamera dan teknik) yang bisa membantu menghasilkan foto yang baik.

Gallery for 3 Kebiasaan Ini Akan Membantu Menghasilkan Foto Yang Baik

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya