Keuntungan Menggunakan Watermark Pada Foto

Tahu kan yang namanya watermark? Kalau belum, mungkin singkatnya, watermark adalah sebuah tulisan/simbol/logo yang merupakan identitas dari pembuat dari sebuah foto. Bentuknya biasanya berupa nama, baik nama seseorang ataupun nama institusi. Contoh dari watermark, secara sederhana ada dalam foto di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Watermark Pada Foto 2

Dua kata “LB Fotografi” itulah yang kerap disebut dengan watermark. Variasinya, baik dalam bentuk atau posisi penempatan, bisa banyak dan terkadang bahkan menjadi seni tersendiri untuk membuat “tanda air” (kalau watermark diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia).

Menggunakan watermark adalah sesuatu yang sangat umum di dunia fotografi. Bahkan, bisa dikata mayoritas mereka yang bergelut dalam dunia ini, tidak akan luput untuk membubuhi hasil karya mereka dengan label seperti ini.

Apa sih keuntungan memberi watermark seperti itu pada hasil foto kita?

Jawabannya :

Hak Cipta

Dengan menambahkan nama atau simbol, si pembuat karya mengingatkan kepada siapapun bahwa “Hak cipta” si foto adalah yang namanya tersebut di dalam foto.

Hal ini untuk memastikan bahwa tidak akan ada usaha pencurian dari sebuah hasil karya. Bagaimanapun, foto adalah sebuah hasil kekayaan intelektual dan harus dihargai oleh siapapun. Apalagi kalau niatnya untuk berbisnis dan menghasilkan uang, hak cipta menjadi sangat penting.

Seorang pemegang hak cipta adalah orang yang berhak mendapatkan keuntungan dari penggunaan hasil karyanya.

Promosi/Branding

Yap. Siapapun yang melihat akan segera melihat identitas orang yang berada di balik foto tersebut. Kalau fotonya bagus dan memukau, otomatis orang akan segera teringat pada siapa yang membuatnya (karena namanya atau simbolnya tertera disana).

Di zaman dimana media sosial berkuasa seperti sekarang, sebuah foto dengan watermark, yang kemudian dishare kesana kesini, akan memberikan keuntungan bagi si pembuat foto. Namanya akan tersebar kemana-mana dan ketenarannya akan melambung.

Pemberian watermark berupa nama institusi, seperti di atas LB Fotografi, juga akan memberikan keuntungan yang sama, tetapi perhatian akan tertuju pada institusinya. Bukan perorangan.

manfaat menggunakan watermark pada foto 2

Nah, apakah Anda mau menggunakan watermark pada foto Anda? Silakan saja. Ada untungnya kok!