Masa Sih! Tidak Bisa Menemukan Obyek Untuk Foto

Masa sih! Yang bener saja! Sebegitu sulitnya kah untuk menemukan obyek untuk foto? Seharusnya tidak demikian.

Dunia begitu luas dan penuh dengan milyaran orang selain tidak terhitung benda, tanaman, hewan, dan hal-hal lainnya. Kenapa harus begitu sulit untuk bisa menemukan sesuatu yang bisa dijadikan sasaran bagi kamera?

Kecuali, Anda adalah orang yang berpandangan kalau fotografi itu adalah memotret yang indah-indah dan cantik-cantik saja, seperti model yang berpaha mulus dan berwajah cantik saja. Barulah saya bisa mengerti kenapa Anda begitu susah mendapatkan obyek.

Padahal, yang perlu Anda lakukan hanyalah

  1. Menemukan garis-garis yang menarik untuk dilihat. Jangan salah mata manusia menyukai garis-garis simetris
  2. Menemukan warna-warna cerah dalam berbagai bentuk. Mata manusia juga menyukai warna-warna yang menarik. Kalau tidak percaya tanya saja kepada ibu-ibu soal yang seperti ini
  3. Tingkah laku atau kelakuan unik yang ada di sekitar

Gabungkan saja semua dalam bidang lensa Anda. Selama hal itu menarik, menurut Anda, arahkan kamera apapun yang ada di tangan dan kemudian jepret!

Foto Kosong Ternyata Enak Juga Dilihat B

Fotografi tidak pernah membatasi apa yang harus dipotret. Mau orang jelek sekalipun, jika itu menarik menurut Anda, mengapa tidak?

Lagipula, fotografi tidak bergantung hasilnya pada obyeknya, tetapi pada apa yang ada di kepala orang di belakang kameranya, Anda, sang fotografer. Sebuah obyek yang sederhana dan tidak indah, kalau sang fotografer tahu sudut pengambilan foto yang baik, kemudian paham menggunakan garis-garis, dan kemudian memadukan warna-warna yang ada, hasilnya bisa tetap memukau.

Coba saja tanyakan pada mereka yang bergelut dalam bidang food photography atau fotografi makanan. Bisa juga minta pendapat pada orang-orang yang menggemari fotografi jalanan. Mereka hanya merekam hal-hal sederhana saja. Tidak ada yang luar biasa. Tetapi, hasilnya bisa kadang membuat kita ternganga, entah karena kagum atau tiba-tiba merasa lapar.

(Baca juga : Tips Unik Berlatih Komposisi Foto Tanpa Kamera)

Jadi, jangan bingung-bingung dalam mencari obyek foto. Dunia menyediakannya dalam jumlah tak terhingga. Yang perlu dilakukan hanya satu, pilih salah satu dan kemudian kembangkan kreatifitas sesuai pengetahuan dan kemampuan Anda.