Menggunakan Exposure Untuk Menciptakan Kesan Misteri

Menciptakan Kesan Misteri Pada Foto dengan Mengatur Shutter Speed

20 views

Menimbulkan kesan misteri pada foto bisa menjadi sebuah cara untuk menghasilkan foto yang menarik perhatian. Apalagi jika obyeknya mendukung.

Salah satu trik yang biasa dipergunakan adalah dengan “menggelapkan” foto.

Dengan cara ini, seorang fotografer bisa menghasilkan sebuah lingkungan yang gelap dan hitam, hal-hal yang kerap diidentikkan dengan hal-hal yang berbau seram dan misterius.

Sebagai contoh foto dalam tulisan ini. Obyeknya sederhana saja dan diambil pada pagi hari dalam acara Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Bogor, di Jalan Jenderal Sudirman. Bukan di malam hari.

Obyeknya adalah seseorang berkostum ala kuntilanak dengan menggendong boneka bayi di bawah pohon kenari. Sama sekali tidak diatur karena yang bersangkutan sendiri memang setiap minggu hadir di acara itu.

Yang saya lakukan hanyalah sekedar menggelapkan latar belakang saja sehingga menjadi kontras dengan kostum putih-putih yang dikenakannya.

Hasilnya bisa dilihat sendiri. Obyek dan lingkungan yang ada menjadi saling mendukung, meskipun tidak difoto dengan kamera mahal.

Menggunakan Exposure Untuk Menciptakan Kesan Misteri 2

Berapa settingan shutter speed / lama exposure yang dipergunakan untuk menghasilkan foto seperti ini? Foto-foto ini memakai shutter speed 1/400 pada ISO 400.

Mungkin seharusnya lebih cepat lagi karena terpaksa saya harus menggelapkannya dengan software karena lingkungan yang dihasilkan dengan settingan ini masih terlalu terang dan belum mendukung sepenuhnya. Kurang gelap.

Oleh karena itu dengan software gratisan, Photoscape, foto ini kembali digelapkan hingga tingkat seperti ini. Bagian yang terlalu terang juga dibuang dengan melakukan cropping.

Foto asli

Mungkin sebaiknya 1/1000 atau 1200 detik (atau lebih cepat lagi) digunakan karena dengan begitu nuansa gelapnya akan langsung hadir di kamera.

Tetapi, kalau sudah terlanjur seperti ini, penggunaan perangkat lunak untuk mengedit foto bisa dberguna untuk mencapai ide tentang nuansa misteri yang ingin dituangkan dalam foto.

Gallery for Menciptakan Kesan Misteri Pada Foto dengan Mengatur Shutter Speed

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya