Hunting Foto sebaiknya dilakukan sendiri atau dalam kelompok bersama teman

Mengapa Hunting Foto Sebaiknya Dilakukan Sendiri

48 views

Bukan berarti anti sosial, tetapi saya merasa bahwa hunting foto sebaiknya memang dilakukan sendiri saja.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan setelah mencoba melakukannya secara berkelompok juga, seperti :

Fokus pada menemukan obyek dan memotret

Hal itu sulit dilakukan saat melakukannya secara berkelompok karena terkadang ketika sedang berkonsentrasi mencari target, ajakan ngobrol atau pertanyaan datang dari kawan seperjalanan.

Sebaliknya, bila hunting foto sendiri, maka tidak ada pengalihan fokus. Perhatian bisa tercurah pada menemukan obyek, mencoba mengembangkan ide, dan kemudian melakukan eksekusi (memotret)

Bisa menentukan lokasi sesuai kehendak

Hunting foto terkadang harus berpindah tempat. Jika di sebuah lokasi dianggap tidak ada yang memenuhi kriteria “menarik” tentunya akan percuma kalau diteruskan. Lebih baik untuk segera berpindah tempat ke lokasi lain.

Sayangnya, jika ada kawan perjalanan tentunya harus juga memperhatikan keinginannya. Belum tentu sesuatu yang tidak menarik menurut kita, juga tidak menarik menurut dirinya.

Jadi, banyak kepala dalam hal ini tidak selalu berarti lebih baik, justru menambah hal yang harus dipertimbangkan.

Merasa rendah diri? Tersaingi?

Bisa jadi. Kalau yang diajak lebih pandai dalam memotret, sadar atau tidak akan timbul rasa rendah diri dalam hati. Akan timbul rasa ingin agar bisa melakukan seperti yang dilakukannya.

Lagi-lagi fokus akan teralihkan dimana pada akhirnya kita cenderung mencoba meniru apa yang dilakukannya dibandingkan berfokus pada mengembangkan ide dan pemikiran sendiri.

Lebih repot lagi, kalau kawan hunting foto kita memiliki kamera yang lebih canggih dan mahal. Bisa jadi, kita akan lebih mengagumi kameranya dibandingkan mencari obyek.

Bukan berarti saya tidak menyadari kalau hunting foto secara berkelompok memberikan banyak keuntungan juga, tetapi melihat sifat dan karakter diri sendiri, hunting foto bagi saya lebih nyaman dilakukan sendiri.

Bagaimana kalau harus terpaksa melakukan secara berkelompok? Tidak masalah, tetapi saya akan merubah tujuan dan bukan lagi sebagai hunting foto, tetapi untuk bersosialisai. Jadi, tidak ada beban kalau hasilnya tidak memuaskan selama bisa menambah teman dan pengetahuan.

Bagaimana dengan Anda? Lebih suka hunting foto sendirian atau bersama teman?

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya