Apa itu Photoblog atau Blog Foto

Apa Itu Photoblog atau Blog Foto?

186 views

Photoblog atau blog foto adalah sebuah blog yang berisikan tentang foto-foto hasil karya pemilik blog. Pada dasarnya istilah ini berlandaskan pada ide yang sama dengan berbagai jenis blog lainnya, yaitu untuk berbagi informasi, memperlihatkan kemampuan, dan sejenisnya.

Yang membuatnya berbeda dengan kebanyakan blog lainnya adalah cara penyampaiannya. Jika mayoritas blog lebih mengedepankan teks, kata-kata, atau tulisan sebagai pengisinya, photoblog atau blog foto mengandalkan penyampaian dengan menggunakan image atau foto.

Kehadiran blog jenis ini berlandaskan pada ide, persis seperti yang ada di dalam arti “A picture is worth a thousand words”, SEBUAH FOTO BERMAKNA 1000 KATA.

Perkembangannya sendiri dimulai sejak berkembangnya penggunaan smartphone di awal tahun 2000-an. Dengan semakin mudahnya masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan fotografi dan menghasilkan foto, photoblog seperti mendapat pendorong roket untuk menjadi populer.

Semua orang ingin berbagi. Semua orang ingin tampil. Tetapi, tidak semua orang gemar dan bisa menulis layaknya para blogger. Oleh karena itu, penggunaan foto sebagai medium penyampaian ide pun menjadi semakin populer.

Decisive Moment

Siapa yang bisa membuat photoblog atau blog foto?

Bisa dikata semua orang bisa melakukannya. Bahkan sebenarnya para blogger, terutama yang menekuni kegiatan travel blogging atau blog wisata sudah menggunakannya. Mereka sering memamerkan foto-foto berbagai tempat wisata yang dikunjungi, yang masih dipadukan dengan teks berupa rangkaian cerita.

Kemudahan untuk membuat blog dan juga tersedianya peralatan memotret yang mudah didapat memungkinkan semua orang terlibat dalam pembuatan photoblog.

Meskipun demikian, kebanyakan photoblog yang serius dikerjakan oleh para penggemar fotografi. Mereka mempergunakannya sebagai sekedar media untuk memamerkan hasil karyanya, tempat menjual foto-foto tersebut, dan bahkan untuk menarik peminat pengguna jasa fotografi.

Apakah Blog Foto boleh diisi dengan tulisan?

Tidak ada larangan.

Istilah photoblog atau blog foto tidaklah mengikat. Banyak variasinya. Ada yang menggabungkannya dengan sharing informasi tentang berbagai teknik memotret dan segala sesuatu yang berkaitan dengan fotografi. Ada juga yang benar-benar mengandalkan foto karyanya.

Yang manapun tergantung ide dan kreasi yang ada di kepala si pemilik blog.

Memotret Bunga Tidak Mudah

Bagaimana cara membuat Photoblog atau Blog Foto

Mudah sekali. Kalau Anda sudah menjadi seorang blogger, hanya perlu menambahkan dengan memotret.

Banyak penyedia blog yang bisa dipergunakan, seperti :

  • Blogger (Blogspot.com) – Gratis

  • WordPress (WordPress.com) – Gratis

  • WordPress Self Hosted (WordPress.org) – Berbayar

  • Flickr (Flickr.com) – Gratis

  • Tumblr (Tumblr.com) – Gratis

Semua penyedia blog bisa dipergunakan untuk membuat photoblog karena blog biasa dengan photoblog hanya berbeda pada isinya saja.

Jika Anda ingin membuatnya, pilihlah salah satu di antara itu. Kemudian, lakukan :

  1. Pilih Template yang cocok untuk menampilkan hasil karya kamera Anda
  2. Mulailah memotret apa saja
  3. Upload Foto ke dalam blog. Berikan keterangan tentang apa, dimana, siapa, dan hal-hal lain yang terkait dengan foto.
  4. Lakukan secara rutin seperti layaknya mengurus blog berisi teks

Itu saja dan Anda sudah punya sebuah photoblog atau blog foto.

Apakah photoblog atau blog foto bisa memakai hasil karya orang lain?

Ada beberapa website yang saya temukan menjadi ruang pamer beberapa karya fotografer terkenal. Biasanya yang melakukan itu dengan tujuan edukasi, pembelajaran tentang nama-nama tenar dalam dunia melukis dengan cahaya ini.

Tetapi, bila Anda melakukannya untuk diri sendiri, tentunya tidak ada gunanya memamerkan sesuatu yang bukan hasil karya kita sendiri.

Belum lagi ada kemungkinan suatu waktu kita bisa bermasalah dengan hak cipta dari foto yang kita pergunakan. Meskipun kita sudah memberikan link ke website asalnya, tetap saja hal itu tidak menghilangkan kemungkinan klaim karena memasang foto yang bukan hasil karya kita.

Lagipula, sebuah blog biasanya berisi pemikiran, ide dari pemilik blognya. Tentu saja hal itu hanya bisa dilakukan dengan menggunakan foto hasil karya sendiri.

Topeng Barong Bali

Keuntungan memiliki photoblog

Tentu saja memiliki banyak keuntungan

  1. Bisa memamerkan kemampuan atau skill yang dimiliki. Bila baik tentunya bisa mengundang pengguna jasa untuk menghubungi.
  2. Bisa mengundang kritik dan saran. Bagaimanapun seorang fotografer perlu masukan dari banyak orang untuk terus mengembangkan kemampuannya. Photoblog akan membuka kesempatan apakah hasil karya kita bisa diterima oleh orang banyak
  3. Bisa menjadi tempat menjual foto. Menjual hasil jepretan kamera sudah menjadi hal yang umum dan banyak fotografer yang berhasil meraup uang dari menjual foto-fotonya via photoblog
  4. Bisa mengajarkan orang lain tentang bagaimana memotret seharusnya
  5. Bisa membantu mengajarkan konsistensi karena untuk mengisi blog tersebut jelas memerlukan ketekunan dalam hal mencari foto, membuat jadwal terbit, dan sejenisnya.

Tidak beda dengan memiliki sebuah blog berisi teks, memiliki sebuah photblog pun akan bisa memberikan hal yang sama kepada pemiliknya.

Foto Bunga Teratai

Itulah yang dimaksud dengan photoblog atau blog foto.

Tertarik membuatnya?

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya