Aspect Ratio (Rasio Aspek) : 1:1, 3:2, 4:3, 16:9?

Di kamera digital masa sekarang ada satu fitur yang sederhana tetapi jarang disentuh, namanya Aspect Ratio atau Rasio Aspek. Bahkan tidak sedikit yang bahkan tidak mengetahui adanya fitur ini.

Padahal, adanya fitur ini memberi ruang tambahan untuk berkreasi saat memotret. Hanya saja, rupanya masih banyak yang tidak begitu paham tentang apa fitur yang satu ini.

Nah, sebenarnya apa sih Aspect Ratio ini?

Apa Itu Aspect Ratio atau Rasio Aspek Dalam Fotografi (Kamera)? Apa Fungsinya?

Namanya memang keren dan terkesan rumit, tetapi intinya sederhana. Aspect Ratio/Rasio Aspek berkaitan dengan bidang/frame dari sebuah foto dimana ukurannya ditentukan berdasarkan lebar dan tinggi bidang.

  • Angka di depan menunjukkan LEBAR
  • Angka di belakang menunjukkan TINGGI

Contoh : bila aspect ratio yang digunakan 3:2 , maka ukurannya akan berupa persegi dimana lebar lebih panjang “1” ukuran dibandingkan tinggi.

3:2

aspect ratio dalam fotografi 3

16:9

aspect ratio atau rasioa aspek dalam fotografi 4

Ada juga yang 1:1 alias persegi/bujur sangkar dimana lebar dan tinggi sama panjangnya. Contoh foto :

aspect ratio atau rasio aspek dalam fotografi 4

Aspect Ratio Bisa Berubah

Aspect Ratio bisa berubah ketika seorang fotografer memotret, tergantung apakah ia memotret secara vertikal atau horisontal.

Contohnya foto di bawah ini :

Spiderman Joget di Museum Angkut C

Setting kamera menunjukkan 16:9 , tetapi karena yang memotret merubah posisi kamera menjadi vertikal, maka rasio aspeknya menjadi 9:16.

Apa Guna Mengetahui Aspect Ratio/Rasio Aspek Foto?

a) Yang pertama jelas bahwa seorang yang memotret bisa memiliki lebih banyak pilihan saat mengambil gambar. Masing-masing rasio bisa memberikan impresi yang berbeda terhadap yang melihat.

Seperti contohnya, aspek 9:16 (vertikal) bisa dipergunakan untuk merekam obyek yang tinggi. Bidangnya meninggi cocok untuk itu.

b) Masing-masing aspect ratio akan menyebabkan beberapa “aturan” standar dalam fotografi, seperti Rule of Thirds (Aturan Sepertiga) harus menyesuaikan, terutama dalam penempatan obyek.

aspect ratio atau rasio aspek dalam fotografi A

aspect ratio atau rasio aspek dalam fotografi B

c) Cropping : sebuah hal yang biasa dilakukan untuk membuang bagian-bagian yang dianggap jelek atau tidak sesuai dengan foto. Mengetahui aspect ratio atau rasio aspek dalam hal ini perlu sehingga pemotongan tidak dilakukan asal-asalan, tetapi bisa menyesuaikan dengan rasio aspek yang ada.

Misalkan foto yang asalnya 16:9 bisa diubah menjadi 4:3 atau 3:2. Tergantung kebutuhan. Jadi tidak asal potong.

Bukan sebuah hal yang dianggap penting bagi banyak orang, tetapi mengetahui pemakaiannya bisa memperlebar ruang untuk kreatifitas, seperti memanfaatkan rasio 1:1 untuk foto, atau 16:9 untuk lanskap dan lain sebagainya.

Silakan lihat setting kamera Anda, bahkan kamera smartphone masa sekarang pun sudah banyak yang menyediakan fitur ini, meski namanya hanya “Sqyare”, “Full Screen”, “Standard”, seperti yang terdapat pada OPPO A3s yang biasa saya pakai.

Leave a Comment