Foto Yang Sama Terlihat Berbeda di Perangkat Lain, Wajar Kok!

Pernahkah Anda mengalami kejadian ketika selesai memotret dengan smartphone iPhone, kemudian langsung membagikannya kepada teman, yang memakai Xiaomi, melalui Whatsapp? Lalu, teman tersebut mengatakan, “Kok beda yah fotonya. Hasilnya terlihat lebih gelap dan kurang cerah?”

Saya pernah, meski HP bukan iPhone dan hanya Xiaomi saja.

Banyak orang yang awam fotografi mengeluarkan pertanyaan keheranan menghadapi situasi seperti itu. Namun, saya tidak.

Bagi saya, seorang penggemar fotografi hal itu wajar saja terjadi. Memang pasti akan terjadi jika foto, yang sama, terlihat berbeda di perangkat berbeda.

Bukan hanya hasil foto hasil jepretan smartphone saja. Hal itu akan terjadi di berbagai perangkat lainnya, seperti kamera – smartphone, kamera – computer, smartphone – computer, dan lain sebagainya.

Perbedaan itu akan terjadi.

Semua itu pasti terjadi karena

1/ Layar yang berbeda

Layar yang dipergunakan untuk menampilkan foto berbeda jenis, kemampuan, dan standarnya. Tidak bedanya Anda menonton film yang sama pada televisi dengan merk yang berbeda. Meskipun filmnya sama, tetapi layar akan menampilkannya berbeda karena berasal dari dua pabrik yang berbeda.

Apalagi jika levelnya berbeda, TV LCD dengan Smart TV yang sudah menggunakan LED.

2/ VGA Card

Komputer atau TV masa kini akan bergantung pada VGA card dalam menampilkan obyek visual. VGA ini mengatur banyak hal, seperti tingkat kecerahan, warna, terang-gelap, dan sebagainya.

Ponsel. kamera, atau computer yang dibuat produsen yang berbeda, memakai VGA card yang pasti berbeda standarnya, jangan pernah diharapkan akan menayangkan hasil yang serupa.

3/ Resolusi layar

Resolusi adalah ukuran pixel (atomnya foto digital) yang dikandung dalam setiap inci. Semakin tinggi resolusinya, biasanya sebuah image digital akan terlihat lebih detail karena pixelnya lebih banyak dan rapat.

Nah, jika sebuah foto dihasilkan oleh dan dilihat pertama kali pada layar smartphone dengan resolusi hanya 640 x 1136, kemudian dilihat di iPhone 12 Pro Max dengan resolusi 2778 X 1284, bisakah terlihat sama?

Tentu tidak. Foto itu akan terlihat lebih baik di layar iPhone 12 Pro Max yang memiliki resolusi lebih tinggi. Tambahkan dengan kualitas VGA dan layar yang lebih baik, maka hasilnya akan lebih enak dilihat di iPhone.

4/ Setting

Banyak pengguna smartphone yang tidak menyukai layar yang terlalu terang. Mereka kerap mengurangi tingkat kecerahan yang lebih nyaman di mata, sekaligus lebih hemat baterai.

Lalu, foto pertama kali dilihat di smartphone orang yang memakai standar pabrik. Kemudian, foto dibandingkan pada mereka yang setting HP-nya sudah diredupkan, lalu biasakah sama?

Lagi-lagi jawabannya tidak. Tingkat kecerahannya sudah berbeda sejak awal dan yang terlihat di mata, pasti juga akan berbeda.

Jadi, jangan pernah heran kalau melihat sebuah foto yang sama terasa berbeda ketika dilihat di perangkat lain. Yang seperti ini wajar dan bahkan tidak bisa terhindarkan. Jangan pernah berharap hasilnya akan sama.

Walaupun fotonya sama, tetapi “standar yang dipakai untuk melihat” berbeda. Perbedaan ini dipastikan tidak akan membuat hasilnya sama.

Tidak bedanya dengan naik Ferrari dibandingkan dengan Toyota Avanza. Sama-sama mobil, tetapi yang satu dibuat dengan menekankan kenyamanan, kecepatan, serta status, yang satunya dibuat dengan penekanan murah dan bisa mengantarkan orang ke tujuan.

Jangan pernah harapkan pandangan terhadap penumpangnya akan sama, walaupun kedua-duanya sama mobil.

Untuk itulah, biasanya, dalam dunia fotografi, dalam proses melihat hasil foto atau pengeditan foto, hanya ada dua cara untuk memastikan tidak ada “perbedaan” pada sebuah hasil foto

  1. Melihatnya bersama-sama pada layar yang sama
  2. Melakukan kalibrasi terhadap kedua, atau lebih, perangkat yang dipergunakan untuk melihat agar standarnya sama (meski terkadang tetap berbeda, tetapi perbedaan tidak terlalu jauh)

Yang terakhir, masalah seperti ini bisa diatasi dengan “pengertian” dan pemahaman, bahwa sebuah foto tidak akan pernah sama ketika dilihat di perangkat yang berbeda.

Masalah akan selesai kalau semua memahami dan pertanyaan seperti di atas tidak akan pernah muncul.

Jadi, setelah mengetahui hal itu, apakah Anda akan mempertanyakan adanya perbedaan seperti dalam kasus ini? Sebaiknya sih tidak karena Anda sudah tahu cerita lengkapnya.

Leave a Comment