Kamera Bukan Hanya DSLR atau Mirrorless Saja

“Ton, ada yang bisa ajarin keponakanku memotret nggak? Cuma saat ini dia belum punya kamera. Bisa kan?“, tanya teman lama saya beberapa waktu yang lalu.

Pertanyaan yang membuat saya tersenyum sekaligus menggelengkan kepala betapa image tentang sesuatu kalau sudah melekat sulit untuk diubah atau dihilangkan.

Selama ini, di benak banyak orang, ketika kata kamera dikeluarkan adalah sebuah benda yang memiliki lensa yang menonjol, seperti DSLR atau Mirrorless. Kalau tidak seperti itu bukan kamera.

Sesuatu yang sebenarnya salah dan jauh dari kebenaran. Kamera bukan hanya DSLR atau Mirrorless saja. Kamera dan berbagai perangkat di dalamnya, seperti lensa, prosesor, sekarang ada dalam berbagai bentuk.

Salah satunya yang umum dan kerap tidak dianggap kamera adalah kamera smartphone atau ponsel cerdas.

Hal itu tercermin dalam pandangan banyak orang yang sering mengatakan bahwa mereka memotret dengan smartphone atau ponsel saja, tetapi yang sebenarnya dilakukan adalah mereka memotret dengan kamera smartphone/ponsel. Sebab, sebenarnya di dalam sebuah ponsel cerdas terdapat bagian “kamera” yang fungsinya merekam gambar.

Mungkin karena itulah, banyak orang tidak merasa bahwa mereka sudah memiliki kamera. Padahal, di zaman ponsel cerdas mudah terjangkau, hampir setiap orang memiliki kamera dan sebenarnya mereka bisa ikut menyemarakkan dunia fotografi.

Kamera pada smartphone ini lah yang membuat dunia fotografi tidak lagi eksklusif bagi mereka yang mampu membeli kamera DSLR atau Mirrorless saja. Sesuatu yang kerap membuat sebal sebagian dari kalangan tersebut.

Baca juga : Fotografi untuk semua orang

Lebih jauh lagi, dengan perkembangan teknologi, kamera smartphone semakin canggih dan bahkan bisa mengungguli kemampuan kamera DSLR/Mirrorless kelas pemuia (dalam hasil).

Setiap orang sekarang bisa bergabung dengan barisan para “fotografer” , meski tidak semua menyadari kesempatan itu.

Dan, jawaban saya kepada kawan tersebut hanya, “Masa sih nggak punya kamera? Punya smartphone kan? ” sambil tersenyum tentunya.

Leave a Comment