membuat siluet

Mengapa Membuat Foto Siluet? Dan Bagaimana Caranya?

79 views

Siluet (silhouette) adalah istilah yang mengacu pada image atau foto , baik manusia, binatang, pemandangan, atau benda lain dalam bentuk solid dan biasanya hanya terdiri dari satu warna saja, yaitu hitam. Bentuk image yang dihasilkan tidak akan memperlihatkan apapun selain “bentuk” dari obyek yang terekam oleh kamera (bisa seluruhnya, bisa pula sebagian).

Secara teknis, foto siluet dihasilkan dari perbedaan antara cahaya yang dipantulkan oleh obyek utama di bagian depan gambar dengan latar belakangnya. Singkatnya, bagian depan obyek yang mengarah kamera menjadi kurang mendapatkan cahaya dan kalah terang dibandingkan cahaya yang menjadi latar belakangnya. Hasilnya adalah bagian yang terekam oleh kamera akan menjadi “gelap” atau “hitam”.

Mengapa membuat foto siluet?

Tentu menjadi pertanyaan sendiri mengapa harus membuat foto siluet. Padahal kebanyakan orang akan beranggapan sebuah foto yang bagus adalah yang jelas dan terang serta memperlihatkan obyek sebagaimana adanya.

Tidak ada yang mengharuskan.

Tetapi, salah satu hal yang menarik dari foto siluet adalah hasilnya memberi kesan yang berbeda dan cenderung bisa menarik perhatian.

Biasanya foto siluet akan menghadirkan kesan dramatis, misteri, dan emosi bagi yang melihat. Perhatian mereka yang melihat , tidak akan terfokus pada APA dan SIAPA tetapi tertuju pada “menemukan ide apa yang ingin disampaikan oleh sang fotografer”.

Hal ini bisa terjadi karena tidak ada wajah cantik yang bisa dinikmati, tidak ada bentuk tubuh indah nan sexy. Yang ada hanyalah gambaran “tidak jelas” tetapi “jelas” alias bisa dikenali.

Situasi seperti ini cenderung mengundang rasa penasaran dan membiarkan interpretasi atas apa yang dilihat berkembang, imajinasi pun seperti tidak dikekang. Semua bebas menginterpretasikan apa yang dilihatnya dna membuat ceritanya sendiri.

Bukankah sebuah misteri selalu mengundang ketertarikan? Itulah mengapa hingga saat ini masih banyak yang gemar membuat foto siluet.

Cara membuat foto siluet

Prinsip KISS : Keep It Simple Stupid

Pada dasarnya membuat foto siluet itu sederhana dan tidak perlu menggunakan bahasa teknis yang njlimet (rumit).

Pastikan saja bahwa kamera menghadap ke arah sumber cahaya dan obyek berada di tengahnya. Dengan begitu bisa dipastikan bahwa latar belakang dari sebuah foto akan memiliki cahaya yang lebih besar dibandingkan bagian obyek yang menghadap kamera.

Itu intinya.

Beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu :

Pilih Obyek Yang Kuat

Dalam artian, obyek yang menarik. Siluet tidak bisa menarik perhatian karena kecantikan atau kemolekan tokoh utama dalam foto. Ingat saja semuanya akan sama saja, hitam.

Jadi, obyek yang dipilih harus diusahakan yang menarik dari segi postur tubuh atau tingkah laku mereka yang bisa dengan mudah dikenali.

Matikan Flash

Kamera digital masa kini terlalu pintar. Mereka akan “selalu” membantu pemegang kamera untuk menghasilkan gambar atau foto yang jelas dan detail.

Dalam mode auto, biasanya kamera akan mengaktifkan flash atau lampu kilat begitu menemukan bahwa sumber cahaya dari latar belakang terlalu kuat. Hal ini akan membantu menerangi bagian obyek yang menhadap kamera.

Hal ini tentunya tidak diinginkan saat membuat foto siluet. Justru adanya cahaya yang mengarah ke bagian obyek yang menghadap kamera akan merusak tujuan. Jadi pastikan sudha mematikan flash sebelum mengambil foto.

membuat foto siluet

Terapkan Prinsip KISS (Keep It Simple Stupid)

Prinsip KISS sudah terbukti manjur dalam menghasilkan banyak foto yang menarik. Hanya saja, dalam membuat foto siluet, prinsip ini lebih memegang peranan penting lagi.

Mau tidak mau, terlalu banyak obyek yang ada di dalamnya terutama latar belakang akan mengganggu sang obyek utamanya sendiri. Usahakan background sebersih mungkin tanpa gangguan. Hal ini bisa menambah kesan dramatis.

Buat Cerita

Bukan novel, tetapi sebuah cerita kecil nan pendek dari apa yang disampaikan foto.

Foto siluet tidak mengandalkan apa-apa selain ide, cerita, misteri, dan dramatisasi dari sebuah obyek. Oleh karena itu, menghadirkan sebuah pertanyaan atau cerita kecil akan menggugah hadirnya interpretasi di kepala yang melihat.

Jadi usahakan temukan sebuah ide cerita dari foto siluet yang akan dibuat.

Genre Fotografi

Tidak susah membuat foto siluet secara teknis. Yang susah adalah bagaimana membangun sebuah cerita kecil sehingga bisa menghasilkan foto siluet yang menarik.

Tetapi, kalau tidak dicoba, tentunya tidak akan diketahui hasilnya. Bukankah begitu, Kawan?

Selamat mencoba!

Gallery for Mengapa Membuat Foto Siluet? Dan Bagaimana Caranya?

Gravatar Image
Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya