Prinsip KISS : Keep It Simple Stupid

Prinsip KISS : Keep It Simple Stupid, Indah Tidak Perlu Rumit

66 views

Prinsip KISS, Keep It Simple Stupid adalah sebuah prinsip yang mengajarkan para fotografer untuk berpikir sederhana, bertindak sederhana dan menterjemahkannya dalam foto yang sederhana juga.

Herannya, prinsip ini sebenarnya bukan diciptakan oleh kalangan fotografer. Pertama kali prinsip ini dikemukakan adalah oleh Angkatan Laut Amerika Serikat di tahun 1960.

Para insinyur di salah satu angkatan laut terbesar di dunia itu menemukan bahwa sebuah sistem ternyata beroperasi dengan baik ketika dibuat dengan sesederhana mungkin. Semakin sederhana, semakin baik karena menghindarkan kerumitan yang memperbesar kemungkinan terjadinya kesalahan.

Prinsip KISS dalam Fotografi

KISS ternyata juga diterapkan dalam dunia fotografi. Banyak manfaat yang membuatnya menjadi salah satu filosofi dasar yang dianut banyak fotografer

Prinsip ini mencakup bukan sekedar mengenai komposisi foto atau teknik, tetapi juga sebuah sikap mental yang seharusnya dimiliki setiap fotografer dan diterapkan dalam kegiatannya, seperti :

Saat memilih kamera yang harus dibawa,

Seorang fotografer meski memiliki 3-4 kamera, tetap saja pada saat memotret hanya akan memakai salah satunya saja. Lagipula, hampir tidak mungkin seorang fotografer dapat memfokuskan perhatian pada dua obyek sekaligus di saat bersamaan.

Membawa 2-3 kamera atau lensa tentunya memang memberikan pilihan, tetapi juga berarti butuh perhatian ekstra untuk membawa dan menjaganya. Hal ini menambah beban dan cenderung akan mengalihkan perhatiannya dri tujuan sebenarnya.

Memilih obyek,

Terkadang manusia selalu ingin tampil dan dilihat orang lain sebagai seorang profesional, pintar, serba tahu, dan sejenisnya. Manusiawi sebenarnya, hampir semua orang ingin dipandang begitu oleh orang lain.

Tetapi, kenyataannya pola pandang seperti ini kerap menimbulkan sebuah mental block yng menghambat. Dalam hal fotografer, ia akan terbebani oleh perasaan harus membuat orang lain senang, padahal kenyataannya ia tidak akan pernah bisa tahu “apa yang bisa membuat orang lain itu senang dan memujinya”.

Hal ini bisa diperingkas dan disederhanakan ketika ia berpikir untuk memotret demi dirinya sendiri.

Membuat komposisi foto ,

Sebuah foto yang baik adalah sebuah foto yang bisa dinikmati dan dimengerti oleh orang yang melihat.

Tidak ada guna menghasilkan sebuah foto yang justru membuat mata yang melihat pusing dan tidak bisa menangkap ide yang disampaikan sang fotografer.

Oleh karena itu, komposisi foto yang baik adalah yang sesederhana mungkin sehingga tidak menyulitkan mata yang melihat.

Prinsip KISS dalam fotografi

Bagaimana Menerapkan Prinsip KISS dalam Sebuah Foto?

Bukan sebuah hal yang sulit.

Kalau kita analogikan sebuah foto sebagai sebuah tulisan, maka sebuah foto harus memiliki satu topik utama saja. Bagian-bagian dalam tulisannya harus mengacu pada topik utama tersebut dan tidak boleh melenceng agar pesan yang disampaikan kepada pembaca tidak salah.

Begitu juga dalam sebuah foto. Sebuah topik utama diterjemahkan dengan keberadaan sebuah obyek utama dan yang lain adalah pendukungnya. Menempatkan satu tambahan obyek lain akan membuat pengalihan dari obyek utama yang hasilnya akan membuat semakin jauh dari ide utama.

Oleh karena itu, terbiasa untuk melakukan hal-hal di bawah ini akan bisa membantu menerapkan prinsp KISS dalam sebuah foto.

  1. Satu foto satu ide : kalau memang hendak memamerkan keindahan pemandangan alam di saat matahari terbit, fokuslah terhadap ide ini. Jangan dicampur adukkan dengan hal lain seperti “kesibukan di pagi hari”
  2. Satu foto satu obyek/fokus :  bagaimana bisa membuat yang melihat menemukan ide cerita ketika mereka tidak bisa menemukan yang mana yang peran utama dalam foto dan yang mana pelengkapnya. Sebuah foto sebisa mungkin hanya memiliki satu obyek agar perhatian hanya tertuju pada satu hal saja.
  3. Latar belakang sederhana : membuat latar belakang kabur atau hitam fungsinya adalah untuk membuat si subyek utama menonjol. Kalaupun memang ingin ditampilkan, seorang fotografer harus membuatnya menjadi sesederhana mungkin agar latar belakang tidak bersaing dengan obyek utamanya.
  4. Batasi jumlah warna yang ada :  Warna adalah salah satu daya tarik utama pada sebuah foto. Tetapi, saat jumlah warna dalam sebuah foto terlalu banyak, hasilnya terkadang adalah kebingungan.  Tidak ada batasan jumlah warna yang bisa membuat mata manusia nyaman melihatnya, tetapi yang jelas semakin sedikit tetap semakin baik, bukan kebalikannya.

Sederhana mungkin sering disamakan dengan kuno dan tidak modern, tetapi seringkali dalam kesederhanaan akan hadir keindahan yang semua orang bisa menikmatinya.

Gallery for Prinsip KISS : Keep It Simple Stupid, Indah Tidak Perlu Rumit